PAUD, Pondasi Majunya SDM

0
160
BUNDA PAUD Provinsi Kepri Hj Rosmeri Isdianto foto bersama usai menghadiri Workshop Teknik Permainan Angklung dan Penguatan Budaya Literasi Digital bagi Tenaga Pendidik PAUD se-Provinsi Kepri di Aula Wan Seri Beni, kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Selasa (15/10). f-istimewa/humas pemprov kepri

Rosmeri Isdianto Dikukuhkan Jadi Bunda PAUD Provinsi Kepri

Penasihat DPD Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Hj Rosmeri Isdianto mengatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pondasi dan pilar utama dalam membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

DOMPAK – Karena dalam masa tersebut merupakan periode emas bagi perkembangan anak. Sehingga harus diisi dengan bekal pengetahuan.

”Periode ini merupakan tahun berharga bagi anak untuk menggali berbagai macam fakta di lingkungan dalam mengembangkan kepribadian agar siap masuk ke tahap selanjutnya,” kata Rosmeri menghadiri Workshop Teknik Permainan Angklung dan Penguatan Budaya Literasi Digital bagi Tenaga Pendidik PAUD se-Provinsi Kepri di Aula Wan Seri Beni, kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Selasa (15/10).

Lebih lanjut, kata Rosmeri, kualitas SDM yang menjadi indikator utama dalam memajukan bangsa. Maka layanan pendidikan usia dini perlu memberikan rangsangan guna mengoptimalkan perkembangan anak.

Mengingat pentingnya layanan PAUD di semua sektor, selaku Bunda PAUD Rosmeri merasa bangga kepada para tenaga pendidik yang mana perkembangan PAUD di Kepri terus mengalami peningkatan.

”Teruslah buat porgram kegiatan yang mengarah pada peningkatan mutu pelayanan PAUD di Kepri,” pesan Rosmeri.

Sementara itu, Asisten I Raja Ariza yang membuka acara, dalam sambutannya mengatakan, PAUD merupakan pondasi dan pilar utama pembangunan SDM yang berkarakter. Untuk itu perlu pendidikan sejak dini baik bersifat formal maupun non formal.

”PAUD perlu memberikan ilmu-ilmu yang bersifat kognitif, motorik dan seni sesuai pengembangan etikat usia anak agar terbentuknya generasi muda yang cerdas, ceria dan berakhlak mulia,” kata Ariza.

Untuk itu, Ariza melanjutkan agar para tenaga pendidik dan seluruh jajaran PAUD agar terus meningkatkan kualitas dan senantiasa berinovasi dalam memajukan PAUD Kepri ke depan.

”Untuk itu terus lah berinovasi dalam menciptakan program kerja yang berdampak positif bagi pengembangan anak,” lanjut Ariza.

Kemudian, Ketua DPD GOPTKI Kepri Hj Rismarini Arif Fadillah mengatakan bahwa masa usia dini merupakan masa yang penting. Karena 50 persen kecerdasan terbentuk mulai dari masa ini melalui rangsangan, perlakukan pendidikan dan kesehatan.

”Pendidikan anak usia dini adalah investasi masa depan, perlu pola yang sistematis dan unsur yang paling penting adalah para tenaga pendidik,” kata Rismarini.

Rismarini melanjutkan, peran tenaga pendidik tersebut begitu penting karena berinteraksi langsung dengan anak-anak yang membutuhkan teladannya yang harus berkompeten dan memahami potensi kecerdasan yang anak-anak miliki.

Sesuai dengan program kerja GOPTKI, diselenggarakan workshop teknik permainan angklung yang nantinya diajarkan kepada anak-anak dengan tujuan merangsang potensi kecerdasan musik, karakter dan disiplin.

Serta Penguatan Budaya Literasi Digital untuk memberikan wawasan kepada para pendidik dalam menggunakan media sosial secara positif.

”Workshop sendiri bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan PAUD yang diikuti peserta sebanyak 160 orang,” lanjutnya.

Dalam kesempan tersebut, Rosmeri juga di Kukuhkan sebagai Bunda PAUD Provinsi Kepri berdasarkan Surat Keputusan Gubernur nomor: 201780/KPTSK/X/2019, ditandai dengan pemasangan selempang secara simbolis.

Dengan masa bhakti berlaku semenjak tanggal surat keputusan ini dibacakan sampai adanya pelantikan Gubernur yang baru, adapun sejumlah peran dari Bunda PAUD antara lain:

  1. Mendorong partisipasi peran serta masyarakat dalam mendukung pembinaan penyelenggaraan PAUD.
  2. Memotivasi seluruh unsur PAUD dalam penyelenggaraan PAUD yang berkualitas.
  3. Menciptakan layanan PAUD yang integratif.
  4. Memberdayakan lembaga organisasi mitra den kelembagaan lainnya yang mendukung program PAUD berkualitas.

Acara sendiri dibuka dengan tari persembahan oleh anak-anak TK Pembina I, kemudian penyerahan bantuan kepada tenaga pendidik yang berprestasi yakni Dewi yang merupakan Guru TK Pembina II yang meraih Juara Harapan 1 Pekan Olahraga Seni Tingkat Nasional, acara pun dimeriahkan dengan penampilan paduan suara oleh anak-anak dari TK Pembina II.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here