Pawai Obor Tradisi Sambut Ramadan

0
242

BINTAN – Ratusan remaja masjid dan Tempat Pengajian Alquran (TPQ) di Desa Teluk Bakau, Gunung Kijang, Bintan melaksanakan pawai obor dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadan 1440 Hijriah, Jumat (3/5) malam kemarin.

Pawai obor merupakan tradisi yang digelar setiap tahun, disaksikan Gubernur Provinsi Kepri H Nurdin Basirun, malam itu. .

Pantauan di lapangan, pawai ini tidak hanya diramaikan masyarakat se tempat, melainkan wisatawan manca negara yang berkunjung di desa tersebut, turut hadir dan mengabadikan momen tersebut dalam bentuk foto.

Ketua pelaksana, Ahmad Safari menceritakan tradisi pawai obor ini sudah dilakukan sejak lima tahun silam. Diinisiasi gabungan remaja Masjid Desa Teluk Bakau dan sekitarnya.

“Tradisi tahunan ini, alhamdulillah paling ditunggu-tuggu. Setiap tahun pun pesertanya terus bertambah, kami sampaikan ahlan wasahlan, selamat datang bulan Suci Ramadan,” ujar Ahmad.

Di kesempatan yang sama, Camat Gunung Kijang Arif Sumarsono yang turut serta melepas ratusan peserta pawai, merasa bangga dengan pelaksanaan tradisi pawai obor ini tersebut.

Menjadi salah satu kegiatan positif menyambut bulan Ramadan. Dirinya juga mengapresiasi kerja sama remaja masjid mensukseskan acara tersebut.

Menurutnya, menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu warga bahkan wisman mancanegara di Pulau Bintan ini tertarik menyaksikan.

“Saya berharap kegiatan ini terus berlanjut setiap tahunnya,” terang pria yang juga Ketua Karang Taruna Kabupaten Bintan tersebut.

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan, mengapresiasi dengan dedikasi para pamuda masjid yang terus menjalankan tradisi turun temurun yang sangat positif ini.

Lewat momen ini, Nurdin menyampaikan tidak hanya kekompakan terus dibangun, melainkan berdampak positif terhadap pariwisata di Bintan, khususnya di Desa Teluk Bakau.

Menurutnya daerah tersebut sudah dikenal sebagai desa percontohan destinasi pariwisata unggulan di Pulau Bintan saat ini.

Ia pun menilai kegiatan semacam ini sudah langka. Bila ada anak muda yang mau melaksanakan, tentu upaya melestarikan tradisi.

“Semoga momen ini tetap terbangun, tidak pernah putus, InsyaAllah pemerintah sangat mendukung kegiatan positif ini,” sebut ketua NasDem Kepri itu.

Sebagai informasi, Momen pawai obor ini di dukung sepenuhnya Karang Taruna, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan SMSI Kepri, Pemprov Kepri, Pemerintah Kecamatan Gunung Kijang. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here