Pawai Takbir Start dari Bincen

0
1180
Pawai Takbir: Berjejer mobil hias dari berbagai kalangan mengikuti Pawai Takbir, tahun lalu. F-ISTIMEWA

75 Mobil Pendaftar Pertama Gratis BBM

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang akan menggadakan pawai takbir keliling, menyambut datangnya Idul Fitri 1438 Hijriah. Rencananya, Wali Kota (Wako) Tanjungpinang, H Lis Darmansyah akan melepaskan peserta pawai takbir keliling di Terminal Sungai Carang Tanjungpinang terpatnya di komplek Bintancentre (Bincen) malam menyambut 1 Syawal.

Jika tidak ada perubahan jadwal dari Kementerian Agama (Kemenang) Kota Tanjungpinang, pawai takbir keliling akan dilaksanakan Sabtu (24/6) malam. Wakil Wali Kota (Wawako) Tanjungpinang, H Syahrul kepada Tanjungpinang Pos, menuturkan, diperkirakan ada sekitar seratusan mobil akan mengikuti pawai takbir keliling di Tanjungpinang.

Peserta berasal dari perwakilan surau, masjid hingga mobil pribadi milik masyarakat.  Nantinya akan dihiasi sesuai dengan kreasi masing-maisng kelompok untuk meramaikan malam takbir tersebut. Diakuinya, Pemko Tanjungpinang menyediakan anggaran untuk Bahan Bakar Minyak (BBM). Hanya saja kuotanya terbatas yaitu untuk 75 pendaftar pertama.

”Kita memberikan uang BBM sebesar Rp 100 ribu per mobil. Nanti, kita berikan uangnya setelah mereka berada di lokasi pawai takbir,” kata kemarin. Karena menurutnya, kalau uang BBM sebesar Rp 100 ribu diberikan sebelum acara, sebagai peserta takbir keliling ada yang tidak jadi ikut.  Sebab hal ini pernah terjadi di tahun sebelumnya. Pemko Tanjungpinang sudah memberikan uang BBM kepada peserta di di waktu pelaksanaan tidak bisa ikut dengan berbagai alasan.

”Ini yang kita tidak ingin terjadi lagi. Jadi tahun ini kita atur strategi berbeda. Jadi, nanti kita kasih uang saat sudah berada di lokasi pawai takbir. Secara otomatis mereka bakal ikut pawai takbir keliling,” ucap dia. Mantan guru ini, mengimbau, agar masjid dan surau ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Begitu juga dengan sekolah-sekolah, Ormas, LSM dan organisasi-organisasi boleh ikut berpartisipasi meramaikan acara.

”Kita juga minta 18 kelurahan dan sekolah-sekolah SMA berpartisipasi. Kita akan surati Disdik Provinsi agar SMA di Tanjungpinang bisa berpartisipasi, karena sekarang SMA di bawah provinsi. Untuk pendaftaran silakan langsung ke Bagian Kesra Pemko Tanjungpinang,” sebutnya. Sementara itu, Kabag Kesra Sekretariat Daerah Pemko Tanjungpinang, Riwayat menuturkan sudah sekitaran seratusan masyarakat menyatakan siap ikut pawai takbir keliling di Tanjungpinang.

Untuk rute pawai seperti tahun-tahun sebelumnya, dimulai dari Bintan Centre, Pintu Gerbang Bintan Centre 1 dilanjutkan ke Jalan D.I Panjaitan, Bundaran Batu 6 belok kiri, Jalan A. Yani, jalan Basuki Rahmat, jalan Wiratno, jalan Yos Sudarso, jalan Usman Harun, jalan Agus salim dan finis di kantor Badan Perpustakaan, Arsip dan Museum, Tepilaut.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here