PBAK Bukan Seremonial Semata

0
200
KETUA STAIN-SAR Kepri Dr Muhammad Faisal memakaikan baju almamater STAIN-SAR kepada mahasiswa baru sekaligus ditutupnya kegiatan PBAK 2019. f-istimewa/isep ilham

Pengenalan Kampus 244 Mahasiswa Baru STAIN-SAR 2019 Sukses Digelar

Pengenalan kampus atau Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2019 Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman (STAIN-SAR) Kepulauan Riau bukan seremonial semata. Namun, banyak maknanya untuk mahasiswa baru.

BINTAN – ”Saya harapkan ke depan kegiatan ini bermanfaat, bukan hanya kegiatan seremonial belaka, tapi memberikan makna bagi pengembangan nilai-nilai kreativitas Anda,” ujar Ketua STAIN-SAR Kepri Dr. Muhammad Faisal M.Ag saat menutup PBAK, Jumat (16/8).

Kegiatan ini dilaksanakan tiga hari. Acara itu ditutup ditandai dengan dilaksanakan upacara penutupan dipimpin langsung oleh Dr. Muhammad Faisal M.Ag. Dalam sambutannya, Dr Muhammad Faisal mengatakan, selamat atas terlaksananya PBAK 2019 yang berjalan lancar dan sukses.

”Dari pantauan saya, kegiatan PBAK ini berjalan sukses. Terimakasih kepada panitia pelaksana dan mahasiswa yang mengikuti. Saya ucapkan selamat datang untuk mahasiswa baru di kampus STAIN-SAR Kepri,” ucap Faisal dalam sambutannya.

Tahun ini STAIN-SAR Kepri menerima 244 mahasiswa, ke depannya Faisal berharap akan lebih banyak lagi yang mendaftar di Kampus STAIN-SAR Kepri.

Muhammad Azmi ME, sekretaris panitia pelaksana menyampaikan rangkaian acara dihari terakhir pelaksanaan PBAK 2019 yang dimulai dengan senam sehat dan jalan dan dilanjutkan dengan permainan dan lomba.

Siang harinya setelah istirahat Salat Jumat peserta diberikan pemaparan dan pemahaman tentang akademik kampus seperti sistem pembayaran dan cara mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) yang disampaikan oleh H Iman Subakti S.Pd M.Pdi selaku Kabag Akademik, Umum dan Keuangan STAIN-SAR Kepri.

”Sore harinya dilaksanakan upacara penutupan,” tutur Azmi.

Sekedar menambahkan, kegiatan PBAK itu dilaksanakan selama tiga hari, mulai Rabu (14/8) sampai Jumat (16/8) yang dilaksanakan di Kampus STAIN-SAR Kepri di Ceruk ijuk Jalan Lintas Barat, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan.

PBAK 2019 STAIN-SAR Kepri mengangkat tema, ‘Mengembangkan Budaya Akademik yang Ramah dan Toleran dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa yang Berkarakter Keislaman, Keilmuan dan Kemelayuan’.

Hari pertama kegiatan, peserta melaksanakan upacara pembukaan yang langsung dibuka Ketua STAIN-SAR Dr. Muhammad Faisal M.Ag.

Dr. Muhammad Faisal menyampaikan, PBAK ini merupakan program wajib bagi mahasiswa baru dan bertujuan untuk mengenalkan budaya akademik di Kampus STAIN-SAR.

Sekaligus untuk mengenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang benar-benar mengenal baik kampusnya.

Muhammad Azmi ME selaku sekretaris panitia kegiatan mengatakan PBAK ini ada beberapa kegiatan yang di laksanakan seperti kegiatan akademik, dan kegiatan mahasiswa serta ada sosialisasi dari pihak di luar kampus.

Hari pertama ada orasi tentang wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Hardi Selamat Hood dan sosialisasi dari WCD Kepri.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here