PBC Buka Pendaftaran Beasiswa untuk Maba

0
155
PESERTA didik baru kampus Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) saat melakukan registrasi ulang untuk tes beasiswa. F-Istimewa/ Politeknik Bintan Cakrawala

BINTAN – Kampus Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) hingga kini masih membuka pencaftaran calon mahasiswa baru (Maba).

Bahkan, menariknya kampus baru itu juga menawarkan beasiswa bagi mahasiswa baru yang mendaftar kuliah di PBC.

Ada pun persayaratannya, calon maba mengisi formulis pendaftaran di Kampus PBC yang berlokasi di Jalan Kota Kapur, Kawasan Pariwisata Lagoi, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Setelah itu, melengkapi beberapa berkas persyaratan lainnya seperti fotokopi legalisir ijazah, Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU).

Selain itu, juga menyerahkan pas foto dan fotokopi KTP-el serta Kartu Keluarga (KK).

Pelaksana panitia pendaftaran Maba Kampus PBC Ellysa Holivia mengatakan, syarakat lainnya juga menlengkapi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN).

“Kampus PBC membuka pendaftaran untuk 3 Program Studi (Prodi) unggulan. Pertama, Prodi D-3 Culinary Art dan berikutnya D-4 Prodi Hotel Manajement. Terakhir, D-3 Prodi Tour and Travel,” terang Ellysa Holivia, melalui pesan whatsappnya, kemarin.

Ia menambahkan, khusus Prodi Culinary (Seni Kuliner) wajib melampirkan hasil medical check-up.

Untuk tahap selanjutnya, lanjut Ellysa, peserta akan mengikuti tes yang akan berlangsung Senin (12/8).

Tes tersebut, mencangkupi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Pengetahuan Umum (TPU) serta Tes Wawawancara.

Sebagai perguruan tinggi pertama yang baru di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Namun, bukan berarti Kampus PBC tidak memiliki pengalaman sama sekali untuk mencetak alumni siap kerja dibidang perhotelan.

Sebab, kampus PBC merupakan jawaban dari pihak Yayasan Bintan Resort Cakrawala untuk meningkatkan level skill dari sekolah awalnya yakni Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI).

Dengan cikal bakal sukses mencetak alumni yang telah siap kerja di industri pariwisata, maka Yayasan Bintan Resort Cakrawala ingin meningkatkan level lulusan SBTI yang hanya menempuh pendidikan selama 1 tahun.

Sehingga, dengan adanya kampus PBC maka lulusannya akan mengisi jabatan-jabatan supervisor maupun fungsional leader di hotel-hotel ternama.

Bahkan, kampus PBC telah menjali kerja sama dengan kampus yang berada di luar negeri yang salah satu kampus di Singapura yakni Management Development Institute of Singapore (MDIS).

Direktur Kampus PBC dan juga SBTI, Endang Winduri S Sos MM menyampaikan, dengan berbekal 10 tahun berdirinya SBTI tentu banyak pengalaman dan pencapaian-pencapaian yang luar biasa diraih.

Salah satunya, alumni yang telah bekerja di beberapa resort ternama Asia hingga Eropa.

Sehingga, lanjut Endang, berbekal pengalaman itu Yayasan Bintan Resort Cakrawala yakin untuk mendirikan Kampus PBC yang akan dibutuhkan oleh alumni SBTI nantinya.

“Ini demi anak bangsa. Khususnya anak Kepri yang harus menjadi profesional di tanah kelahirannya sendiri di bidang perhotelan atau lingkup pariwisata. Saya sudah kurang lebih 8 tahun memimpin SBTI,” terang Endang Winduri, Direktur Kampus PBC dan SBTI beberapa waktu lalu. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here