PCMI Kepri Sosialisasi PPAN

0
568
SOSIALISASI: Nanda dari PCMI Kepri saat menerangkan materi PPAN kepada mahasiswa STIE Pembangunan, belum lama ini. F-IST/LEK JUVE

TANJUNGPINANG – Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Provinsi Kepualuan Riau (Kepri) bekerjasama dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang menggelar sosialisasi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN).

Sosialisasi tersebut berlangsung di aula serbaguna STIE, Sabtu (25/3) lalu.

Acara sosialisasi tersebut, mengajak pemuda untuk mengikuti PPAN terutama bagi yang belum pernah mengikuti program tersebut.

Nanda, yang mewakiili PCMI Kepri pada acara itu mengatakan PPAN merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI).

”Pelaksanaannya, akan bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri,” terangnya.

lanjutnya, Dispora akan mengirimkan beberapa Pemuda Indonesia ke berbagai negara untuk melakukan kunjungan.

Tujuannya, untuk saling mengenal lebih dekat antar pemuda dari beberapa negara yang dikunjungi, dari sudut pandang yang berbeda.

Puluhan mahasiswa STIE Pembangunan, antusias mengikuti acara sosialisasi PPAN tersebut.

”Tidak hanya bertukar pengalaman ilmu pengetahuan, tetapi sebagai kesempatan untuk mengenalkan budaya Indonesia berikut potensi wisata khususnya Kepri,” tegasnya.

Menurut Nanda, sebagai alumni PPAN yang tergabung dalam organisasi PCMI harus melaksanakan tanggung jawab moralnya sebagai generasi muda.

Dengan harapan, para generasi PPAN nantinya harus berani keluar dari zona nyaman dan berani tampil beda dihadapan orang lain.

Pemuda yang akan dikirim tersebut, akan mengikuti tahapan-tahapan yang telah disusun untuk bisa mengikuti PPAN.

Ia mnambahkan, sampai saat ini berdasarkan negara tujuan yaitu ICYEP (Canada), AIYEP (Australia), SSEYAP (Sydney), IKYEP (Korea), IMYEP (Malaysia), ICHYEP (Tiongkok), dan ASVI (ASEAN dan India).

Kegiatan yang sama juga diselenggarakan sebelumnya, di kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) belum lama ini. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here