PDAM Mesti Perbaiki Jalan Raya

0
225
Pekerja menggali jaringan pipa PDAM di jalan Hang Lekir, beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

PDAM tlong rapikan bekas galian pipa bocor.di jalan bt 8 arah bt 9 udah banyak yg jatuh. Disemen aja tak rata, apalagi cuma ditutup ama besi. Bikin kaget aja kalau karena bising saat ada kenderraan yg lewat.
+6281372483466

Layani Sambungan Baru Donk
MBS. PDAM, kami sudah mengajukan pengaduan pelanggan ternyata sampai saat ini belum juga dikerjakan. Mohon pihak PDAM memperbaiki kinerjanya dan Pemda mesti mendukung PDAM agar memperbanyak sumnber air hingag kebutuhan air masyarakat bisa terpenuhi. bagaimana mau jadi daerah investasi, air bersih aja tak memadai. jangan mimpilah.
082288925333

TANGGAPAN :
PDAM Tirta Kepri mesti memindahkan pipa-pipa air dari sisi jalan ke tepi agar tidak menganggu lalu lintas saat terjadi kebocoran.

Baca Juga :  Rumah Kami Rusak, Tapi Tak Ada Duit

Sebagian besar pipa utama PDAM Tirta Kepri tertanam di bawah jalan jalan raya. Sehingga mudah bocor karena dilalui alat-alat berat serta saat bocor menganggu lalu lintas karena mesti ada perbaikan. . Saya sering melihat pekerja menggali badan jalan raya untuk memperbaiki pipa PDAM yang rusak.

Sudah dipasang pembatas lalu di lokasi berdekatan terjadi kebocoran lagi hingga kembali digali. Biasanya, setelah perbaikan-perbaikan akan meninggalkan bekas baik itu gundukan atau lengkungan yang bisa mengganggu pengguna arus lalu lintas. Dan ini membuat biaya PDAM semakin tinggi karena sulitnya melakukan perbaikan dan merusak jalan aspal. masyarakat juga banyak mengeluh akrena jalan jadi banyak berlubang.

Baca Juga :  Jalan Rusak Membahayakan

Di APBD 2020 ada anggaran untuk pipanisasi air baku dari Waduk Kawal ke Waduk Gesek. Hal itu untuk mengatasi kekurangan air di Tanjungpinang terutama saat musim kering belum lama ini.

PDAM Tirta Kepri tak hanya mengalami persoalan kekurangan air baku saat musim kering, persoalan lain yang juga parah adalah banyaknya pipa yang sudah tua dan rentan bocor.

Karena pipa-pipa PDAM banyak tertanam, mereka pun kesulitan mencari dimana saja titik-titik kebocoran itu. Usia pipa-pipa mereka sudah puluhan tahun.

Usia PDAM Tirta Kepri sendiri sudah 48 tahun. Artinya, usia pipa-pipa tersebut kemungkinan sudah ada yang 30 tahun. Sudah wajar dilakukan pergantian pipa.

Baca Juga :  Percepat Tanggulangi Banjir

Namun tidak dianggarkan di APBD Kepri. PDAM merupakan salah satu Badan Usaha Milik daerah (BUMD) Pemprov Kepri yang sudah untuk dan berkontribusi ke Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Saat ini, pihak PDAM Tirta Kepri tengah mencari cara melakukan perbaikan atas pipa induk yang dibangun pada tahun 1996 silam.

Kini pipa utama PDAM sudah rusak berat dan belum tahu sampai kapan bertahan. Sudah banyak yang bocor. Sehingga, ribuan kubik air bersih terbuang sia-sia tiap hari. (ais)

H Isdianto
Plt Gubernur Kepri,

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here