PDAM Ngaku Air Ngalir 24 Jam

0
538
Galian PDAM: Pekerja sedang menggali badan jalan untuk memperbaiki kebocoran pipa PDAM yang berada di bawah jalan raya di Bintancenter, beberapa waktu lalu. F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

PDAM tirta Kepri mengklaim produksi air dilakukan 24 jam untuk konsumennya. Tujuannya agar pelanggan bisa menikmati air setiap saat.

TANJUNGPINANG – Saat ditanya tentang air hanya mengalir beberapa jam saja setiap hari dan sudah berlangsung bertahun-tahun, Direktur PDAM Tirta Kepri, Abdul Kholik sempat heran. ”Di daerah mana tuh yang tidak mengalir airnya. Kok dari pimpinan wilayah tidak ada yang melapor ke saya,” kata Abdul Kholik.

Menurut Kholik, kalau tidak ada perbaikan pipa dan tidak ada pemadaman listrik, air bersih tetap mengalir ke rumah pelanggan karena suplai air dilakukan 24.

”Berbeda dengan kejadian yang tidak diinginkan, seperti adanya kebocoran pipa PDAM atau ada pemadaman listrik, baru air bersih tidak mengalir ke rumah pelanggannya lantaran mesin penyuplai air terganggu,” sebutnya.

Jika ada kebocoran pipa, sambung Kholik, pihaknya langsung menangani secepatnya. Tujuannya, agar proses suplai air tidak lama terganggu. ”Ya, mungkin paling lama satu hari. Kita lihat jenis kerusakannya berat atau tidak,” terang dia.

Kalau ada kerusakan fatal, lanjutnya, pihaknya selalu memberitahu pelanggan lewat radio. Kemudian, pihaknya juga menempelkan surat pemberitahuan tersebut di kantornya. ”Ini yang menurut kita efektif. Tapi, masih juga kurang efektif. Nanti, kita akan cari solusi yang efektif,” ucap dia.

Di sela ini, ia sarankan kepada pelanggan untuk datang ke Kantor PDAM Tirta Kepri supaya keluhan ini bisa langsung ditangani oleh pihak PDAM. ”Manalah tau, pipa tersebut sumbat atau lepas dari sambungannya. Sehingga air bersih itu tidak sampai ke rumahnya,” sebut dia.

Sementara itu beberapa warga di sekitar Jalan DI Panjaitan, mulai dari Km 9, Km 10 hingga Km 11 Tanjungpinang mengaku setiap harinya mereka tdiak pernah merasakan air yang mengalir sampai 24 jam.

Kevin, salah satu pelanggan PDAM yang tinggal di Jalan Kijang Kencana, Km 11 Tanjungpinang mengaku, dalam sehari air mengalir beberapa jam saja. ”Karena airnya tidak selalu mengalir, terpaksa krannay selalu kami buka, hingga saat air mengalir kita bsia tahu dan bak bisa berisi dengan sendirinya,” sebutnya.

Ia tidak tau penyebab air bersih tersebut tak mengalir ke rumahnya. Yang ia tau, jadwal air bersih mengalir ke rumahnya dua kali dalam sehari. Artinya, dua hari berturut-turut air bersih sampai ke rumahnya. Pada hari ketiga, air bersih tersebut sudah mulai tak lagi mengalir.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here