PDIP Buka Pendaftaran Cawako Batam Hingga 23 September

0
286
Ketua DPC PDIP Batam, Nuryanto didampingi Sekretaris, Erna bersama fungsionaris lain, Putra Respaty, Budi Mardianto, T Erikson dan lain, Rabu (11/9) menyerahkan SK panitia pendaftaran Cawako dan Cawawako Batam. F-ISTIMEWA

BATAM – Menjelang penyelenggaraan Pilkada Kota Batam, tahun 2020 mendatang, DPC PDI Perjuangan Batam, membuka pendaftaran bakal calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Bagi figur yang berminat maju di Pilkada Batam, PDIP membuka peluang diusung, dengan mendaftarkan diri, hingga 23 September.

Ketua DPC PDIP Batam, Nuryanto, Rabu (11/9) di Batam mengatakan, pembukaan pendaftaran dilakukan sesuai arahan DPP PDIP, sebagaimana SK nomor 24 tahun 2019. Isi surat itu mengintruksikan agar DPC membuka penjaringan bakal calon Wako dan Wawako Batam.

“Kita sudah membentuk panitia dan tahapan penjaringan dimulai besok,” ungkap Nuryanto.

Panitia yang dibentuk, Ketua dijabat Sulhan dan Sekretaris, Ernawati. Panitia ini nantinya bertugas untuk mempersiapkan dan memfasilitasi pendaftaran untuk internal dan eksternal.

“Bagi yang berminat maju lewat PDIP dalam memajukan Batam, kami persilahkan mendaftar. PDIP siap membantu memfasilitasi bakal calon yang berniat maju sebagai calon Wako dan Wawako,” imbuhnya.

Dijelaskan, untuk tahapan persiapan Pilkada ini, pihaknya hanya menerima pendaftaran dan memverifikasi. Sementara untuk pendaftar, dilakukan secara terbuka. Pihaknya membuka peluang, baik internal dan eksternal melamar.

“Tugas DPC, menerima pendaftaran, memverifikasi, baru melaporkan ke DPP, melalui DPD. Keputusan di DPP,” beber Nuryanto.

DPC sendiri diberikan tugas untuk menjaring minimal empat orang dan diusulkan ke DPP. Mereka juga membuka peluang figur dari partai lain. Harapannya, ke depan bisa membentuk koalisi, karena PDIP tidak cukup kursi untuk mengusung sendiri calonnya.

“PDIP tidak bisa mengusung sendiri, sehingga harus berkoalisi. Maka kita membuka peluang berkoalisi dengan partai lain. Sudah membuka komunikasi dengan partai lain. Komunikasi kita dengan Gerindra, Golkar dan yang lain,” sebutnya.

Sulhan menuturkan, jika PDIP membuka pendaftaran calon kepala daerah Batam, untuk semua pihak. “Kita menggunakan metode pendaftaran secara terbuka. DPP hanya memberikan waktu sampai 23 September. Minimal menyetorkan 4 orang. Dua calon Wako dan dua calon Wawako,” kata Sulhan.

Dituturkannya, bagi peminat mulai besok, Kamis (12/9) sudah bisa mengambil berkas pendaftaran. Buka pukul 08.00 sampai 22.00 WIB untuk mengambil berkas pendaftaran. “Kemudian berkas di isi dan diserahkan ke panitia. Nanti kita verifikasi sebelum diserahkan ke DPP. Diberikan tiga hari waktu mengembalikan berkas setelah berkas diambil dari kita sebagai panitia calon,” imbuhnya mengakhiri.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here