Pecandu Narkoba Masih Tinggi

0
581
DISKUSI: Abdul Hasyim Panggabean (berdiri) dan stafnya. F-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

BNN Tanjungpinang Rehabilitasi 134 Pecandu

Pencandu narkotika di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang masih tinggi. Selama tahun 2017 ini, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang telah merabilitasi 134 pecandu atau pengguna narkotika. Termasuk tiga diantaranya Aparatur Sipil Negara (ASN).

TANJUNGPINANG – Kepala BNN Kota Tanjungpinang, Abdul Hasyim Panggabean mengatakan, sampai saat ini ada 134 pecandu narkotika yang telah direhab yang dibagi menjadi dua. Yakni, 132 pecandu dilakukan rawat jalan dan 2 rawat inap di Batam.

”Dari 132 orang rehap rawat jalan ada tiga orang ASN, kebanyakan yang melakukan pemulihan datang sendiri ke kantor BNN Kota Tanjungpinang,” katanya, Senin (12/12).

Hasyim menyebutkan, untuk para pengguna narkotika yang sudah di rehap itu mulai dari umur 18 sampai 45 tahun. Untuk jenis narkoba yang paling banyak digunakan para pecandu sabu-sabu, ganja dan ekstasi.

”Umurnya pecandu di usia produktif, kita lakukan sosialisasi dan pemahaman bahaya narkoba,” sebutnya.

Jika dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya, jumlah para rehabilitasi meningkat. Hasyim menuturkan, pada tahun 2015 ada 53 orang sedangkan tahun 2016 ada 39 orang.

”Dari 100 persen yang melakukan rehabilitasi hanya 72 persen yang pulih sedangkan 28 persen kembali menggunkan narkoba,” jelasnya.

Menurutnya, dengan meningkatnya angka pengguna narkoba yang rehap pihaknya akan menyikapinya lebih serius. Dan meningkatkan kinerja untuk menangani para pecandu narkoba yang terlanjur terjerumus dalam dunia narkoba.

Faktor dari lingkungan sangat mempengaruhi para pengguna narkoba yang sudah rehapbilitasi kembali menggunakan narkoba maka dari itu sangat penting peran dari orang sekitar dan terutama kaum ibu yang lebih memahami kondisi rumah tangga.

”Kita akan menggandeng semua instansi pemerintah, LSM, komunitas dan para ibu rumah tangga dalam melawan narkoba,” sebutnya.

Hasyim mengimbau kepada seluruh warga Tanjungpinang mari bersama-sama berbuat atau peduli untuk mengantisipasi bahaya narkoba agar terhindar mulai dari keluarga kita sendiri apabila kita lakukan bersama bisa terhindar dari bahaya narkoba.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here