Pedagang Boleh Jualan di Pasar Kaget

0
761
PEDAGANG: Para pedagang di Jalan Gambir Pasar Lama berjualan di pinggir jalan masuk ke dalam Pasar Baru I. BUMD Diminta untuk pemperbaiki sarana dan prasana pasar kota lama. F-SUHADRI/TANJUNGPINAN G POS

TANJUNGPINANG – PEDAGANG di Jalan Gambir, Kota Lama dulu sempat dilarang berjualan karena menganggu ketertiban dan kebersihan lingkungan. Hanya saja, karena tak ada lokasi baru, mereka boleh jualan lagi, asal mengikuti aturan yang ditetapkan. Aturannya, maksimal berjualan sampai pukul 07.00 WIB. Lewat dari itu, maka anggota Satpol PP Tanjungpinang akan menegur.

Biasanya para pedagang sudah mulai berdatangan dan membuka lapak sekitar pukul 04.00 pagi hari. Kasatpol PP Tanjungpinang, Efendi menyebutkan para pedagang boleh berjualan. Asalkan memenuhi aturan yang ditetapkan. Sesuai kesepakatan bersama yakni mereka harus tutup tepat waktu pada pukul 07.00.

Setelah itu, di lanjutkan dengan aktivitas para pemilik ruko. ”Kita efektifkan penjagaan dan pengawasan, pedagang tidak boleh berjualan melebihi waktu yang sudah ditentukan bersama,” katanya Rabu (18/10) kemarin.

Menurutnya, setiap hari anggota Satpol PP selalu berjaga di Jalan Gambir. Sesuai data yang dimiliki, kini ada sekitar 50 pedagang yang berjualan di Pasar kaget. ”Tidak ada iuran yang harus dibayar, kita bebaskan saja asalkan pedagang membersihkan lapak bekas jualan,” sebutnya.

Terkait pedagang yang berjualan di lorong Gambir, Efendi menjelaskan, untuk termauk pedagang kaki lima yang masuk kewenangan BUMD Tanjungpinang. ”Kita berharap BUMD memiliki cara menata para pedagang di Lorong Gambir. Bukan mengusir yah, tetapi menata agar rapi dan bersih” jelasnya.

Menurutnya, apabila adanya permintaan dari BUMD meminta menertipan pihaknya siap. Tentu bukan dengan arogansi, melainkan pendekatan dan komunikasi. Bila tidak bisa, baru akan melakukan tindakan tegas dengan memindahkan gerobak atau lapak jualan. ”Selama ini pedagang masih patuh dan dapat diajak berkomunikasi,” paparnya.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here