Pedagang Diminta Kompak Jangan Naikkan Harga

0
386
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun bersama Burhanuddin meninjau harga sejumlah komoditi di Pasar Bintan Center Batu 9 Tanjungpinang, Minggu (27/5). f-istimewa/humas pemprov kepri

TANJUNGPINANG – Menjelang lebaran, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meminta para pedagang kompak untuk tidak menaikkan harga barang setinggi langit. Gubernur Kepri H Nurdin Basirun yakin masyarakat selalu menaruh harapan yang besar akan tersedianya kebutuhan pokok yang terjaga keberadaannya serta stabil harganya.

”Tugas kita lah sebagai pemerintah dan pelaku usaha untuk menyiapkan kebutuhan dan mewujudkan keinginan masyarakat itu,” ujar Nurdin saat meninjau Pasar Bincen, Km. 9, Tanjungpinang, Minggu (27/5).

Untuk itu Nurdin mengimbau agar para pedagang untuk tidak membuat harga tinggi yang dapat meresahkan masyarakat apalagi di bulan yang baik dan penuh berkah. ”Cari lah rezeki yang baik, janganlah permainkan harga sembako,” lanjut Nurdin.

Menurut Nurdin, dengan resahnya warga karena harga melonjak naik, pasar akan menjadi sepi dan para pedagang resah juga dengan jualan yang akan tidak laku. ”Kompak lah para pedagang, dengan tidak bermain harga dan warga pun tidak resah,” tambah Nurdin lagi.

Di kesempatan ini, Nurdin juga melakukan komunikasi baik dengan pedagang juga masyarakat yang sedang berbelanja, salah satunya terkait harga ayam yang saat ini sudah mencapai empat puluhan ribu. ”Berapa sekilo ayam,” tanya Nurdin saat bertanya pada seorang pedagang ayam.

”Rata-rata tiga puluh tujuh ribu pak,” kata Edi sang sang pedagang ayam.

Harga tersebut menurutnya sedang dalam kenaikan. Itu dikarenakan peternak mengalami kendala dengan cuaca sehingga memperlambat perputaran jual beli dan oprasional menjadi naik.

”Biaya pembesaran ayam menjadi naik, dan harga ayam pun naik pak,” kata Nasri pedagang lainnya menambahkan.

Begitupun harga daging yang masih bertahan dengan harga Rp145 ribu yang dalam hal ini harga tersebut masih dalam keadaan stabil. ”Alhamdulillah daging belum ada kenaikan,” kata Nurdin sambil mencoba memotong daging di kios lainnya.

Gubernur juga menyempatkan menghampiri pedagang ikan dan pedagang sayur, sambil juga bertanya kisaran harga dengan pedagang. Dimana harga ikan dan sayur masih rata-rata normal belum ada kenaikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemprov Kepri, Burhanudin juga menegaskan bahwa pihaknya akan mengawal dan meningkatkan pengawasan ke pedagang-pedagang untuk tidak menaikkan harga yang semena-mena di atas ambang batas normal harga. Apalagi, hampir semua barang-barang pokok ini masuk dari luar Kepri.

”Kita akan selalu memantau dan berkonsultasi dengan pihak terkait, sampai menjelang lebaran nanti,” kata Burhanuddin.

Saat berkunjung ke pasar itu, Nurdin terlihat didampingi Kadisperindag Kepri Burhanuddin serta beberapa pejabat eselon dua Pemprov Kepri lainnya.

Saat berada di pasar tersebut, Nurdin tampak mengunjungi salah satu lapak pedagang sayur. Tak heran, masyarakat yang melihat Nurdin pun, langsung mengerumuni pejabat nomor satu di Kepri tersebut.

”Sabar ibu, ibu satu satu,” ucap Nurdin yang saat itu masih terlihat mengenakan pakaian muslim usai menggelar safari subuh di Tanjungpinang.

Meskipun banyak dikerumuni warga yang mengetahui Nurdin tengah menggratiskan pengunjung Pasar Bincen, dalam kesempatan terbatas itu, Nurdin bersama Kadisperindag, tampak juga berdialog dengan para pedagang terkait harga jual kebutuhan pokok sepanjang puasa Ramadan ini.

”Harga aman kan, stok aman,” tanya Nurdin sambil turut membantu memasarkan barang yang dijual pedagang.

Tampak pada waktu itu, yang paling banyak di sorot mantan Bupati Karimun tersebut, kesediaan sayur-mayur, bawang, telur, ikan bahkan kebutuhan pokok lainnya seperti beras, minyak dan daging segar. (ais/mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here