Pedagang Pasar Induk Ngadu ke Dewan

0
283
Puluhan pedagang Pasar Induk Jodoh mendatangi kantor DPRD, Senin (12/3), karena lapak jualan mereka akan dipindahkan. F-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Puluhan pedagang yang beraktifitas di pasar induk Jodoh dan dilahan sampingnya, mendatangi DPRD Batam. Mereka mengadu nasibnya yang terancam digusur secara tiba-tiba. Sehingga mereka tidak punya persiapan. Sementara beberapa pedagang lainnya, yang mengadu, diminta pindah tanpa disediakan tempat, sehingga minta tempat disamping pasar induk.

Menurut salah seorang pedagang di pasar Induk, Winda, Senin (12/3), pemindahan yang direncanakan, Rabu (14/3) tergolong tiba-tiba. Sebelumnya, pihak pasar induk mengumumkan kepada pedagang, belum ada rencana pemindahan. Sehingga mereka belanja buah dari daerah lain, termaksud buah dari Medan. Namun tiba-tiba ada pengumuman rencana pemindahan, berikut SP3.

”Kami tiba-tiba sudah dapat SP lagi dan mau dipindahkan hari Rabu. Buah tak bisa dibatalkan dari Medan. Busuk jadinya,” cetus Winda kepada Komisi I DPRD Batam, yang menerima pedagang.

Persoalan lain yang diterima anggota dewan, terkait dengan pedagang disamping pasar induk, yang mengaku akan digusur juga. Mereka tidak masuk dalam pedagang di pasar induk. Mereka beraktivitas dilahan PT Usaha Jaya Makmur, milik swasta, yang sebenarnya tidak masuk dalam lahan pasar induk.

Namun mereka menduga, karena pasar Induk mau dibangun, PT Usaha Jaya juga mau bangun lahannya. ”Kami diminta juga pindah. Kami menyewa dilahan PT Usaha Jaya, tapi sekarang diminta pindah,” ujar seorang.

Anggota Komisi I DPRD Batam, Tumbur Sihaloho mengatakan, jika sudah ada SP2 dan akan di SP3 dan Rabu mau digusur, berarti sudah ada solusi pemerintah untuk pedagang pasar induk. Diingatkan, agar pedagang yang akan direlokasi, jelas solusi yang diberikan. ”Tapi sekarang, belum ada solusi di lapangan,” imbaunya.

Sementara Kabid Trantib Satpol PP, Imam Tohari mengatakan, sudah ada kerjasam antara Pemko dengan PT Cahaya Dinamika, yang menampung pedagang, di lahan samping pasar induk. ”Pedagang akan ditempatkan disitu dulu. Mungkin sistem sewa, sampai pembangunan pasar induk Jodoh selesai,” jelasnya.

Pemindahan sementara pedagang pasar induk Jodoh, karena pasar induk akan dirobohkan. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here