Pegawai dan OPD Pemprov Dikerahkan

0
641
TS Arif Fadillah

DOMPAK – Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah menginstruksikan seluruh jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh pegawai serta staf Pemprov Kepri harus turut serta mensukseskan Festival Bahari Kepri (FBK) tahun 2017 yang digelar mulai 13-21 Oktober mendatang.

Ditemui di Kantor Gubernur Kepri, Pulau Dompak, Arif menugaskan seluruh OPD Pemprov untuk gotong-royong membantu Dinas Pariwisata (Dispar) dalam rangka menyukseskan FBK yang memang sudah menjadi agenda akbar tahunan masyarakat Kepri ini.

”Saya meminta kita semua bahu membahu untuk turut serta menyukseskan FBK 2017 yang sebentar lagi sama-sama kita saksikan,” ujar Arif kepada wartawan di Pulau Dompak, Senin (9/10).

Menurut mantan Sekda Karimun itu, tahun ini ada sedikit yang berbeda dengan FBK dibandingkan FBK tahun 2016 lalu. Karena ada beberapa event bahari di kabupaten/kota yang dilakukan. Jadi, kegiatan tidak hanya digelar di Tanjungpinang misalnya Festival Dragon Boat Race (DBR) turut serta meramaikan event ini termasuk di Bintan dan Karimun.

Baca Juga :  Muka Batu Demi Pemerintahan Baru

”Jadi misalnya dulu, dibuat sendiri-sendiri. Tahun ini sengaja Pak Gubernur minta digabungkan. Misalnya Karimun dengan festival Dangkungnya, Bintan dengan Sail Bintan serta juga Kota Batam,” tambahnya.

Ia memastikan, jika event ini sudah sama-sama disemarakkan dan seluruh elemen turut serta menyukseskan, maka otomatis, target pencapaian wisatawan berkunjung ke Kepri akan bertambah dengan adanya event ini.

Di samping itu juga, yang terpenting perputaran ekonomi masyarakat lokal akan laris di pasaran. Serta hubungan silaturahmi antarsesama masyarakat bahari tetap senantiasa terjaga.

Baca Juga :  Nelayan Natuna Terancam Rugi Besar

”Pak Gubernur inginnya, lewat FBK ini, semua masyarakat bersatu padu. Dan juga peningkatan ekonomi, wisatawan semuanya terangkat,” jelas Arif.

Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri Buralimar mengatakan, di mata Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, Kepri betul-betul istimewa karena Kepri ini masuk top 3 wisman terbesar di Indonesia dengan persentase 20%, setelah Bali 40% dan Jakarta 30%. Kepri, wilayahnya seluas 252.601 kilometer persegi ini hanya menyisakan 5 persen daratan dan selebihnya merupakan lautan yang merupakan daerah perbatasan antarnegara, yakni dengan Vietnam dan Kamboja di utara dan berbatasan dengan Singapura dan Malaysia di barat serta Malaysia dan Brunei Darussalam di sebelah timur.

Walau hanya memiliki wilayah daratan yang sempit, Laut Natuna Utara, Selat Malaka, dan Selat Karimata yang mengelilingi Kepulauan Riau menjadikan provinsi ini layak sebagai pusat pertumbuhan ekonomi nasional di masa mendatang.

Baca Juga :  Hanya Satu Jalan di Roma

Bahkan, potensi geografi tersebut telah dimanfaatkan sejak berabad-abad yang lalu ketika kegiatan perdagangan internasional antarkerajaan masih mengandalkan pelayaran sebagai satu-satunya transportasi yang efektif dan Kepulauan Riau merupakan gerbang di sayap barat untuk memasuki kawasan nusantara.

”Kepri juga sudah ditetapkan sebagai Gerbang Wisata Bahari Indonesia, karena posisi geografis yang dekat dengan Singapura dan riilnya wisatawan yacht atau perahu wisata itu masuk dari sana,” ungkap Menteri Arief. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here