Pegawai PN Latihan Pemadaman Kebakaran

0
532
SIMULASI: Pegawai Tim inti Pengadilan Negeri sedang ikut simulasi pemadaman kebakaran. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Mengatasi kebakaran dan mencegah kebakaran di kawasan kantor Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Tanjungpinang melakukan simulasi penanganan kebakaran bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Penanggulangan Kebakaran Kota Tanjungpinang, Senin (11/9).

Ketua PN Tanjungpinang, Joni mengatakan, pelaksanaan pelatihan simulasi pemadaman kebakaran berdasarkan intruksi dari Mahkamah Agung RI. Setiap Pengadilan harus dilakukan pelatihan pemadaman kebakaran, mengingat kantor yang sudah lama berdiri memiliki dokumen tersimpan. Jadi perlu ada kewaspadaan mengatasi kebakaran untuk menjaga arsip. ”Kantor ini sudah tua banyak dokumen yang perlu dijaga. Kita memberikan pelatihan kepada pegawai khusus pada tim inti yang ada di PN,” katanya.

Joni menyebutkan, peristiwa kebakaran bisa terjadi kapan saja sehingga sangat penting mengetahui bagaimana cara memadam kebakaran secara tradisional maupun secara modern. ”Ilmu yang kita dapat ini sangat penting, bisa diterapkan di kantor maupun di lingkungan rumah kita,” sebutnya.

Menurutnya, untuk fasilitas dan alat-alat pemadam kebakaran yang dimiliki PN Tanjungpinang masih kurang, maka dari itu pihaknya sendiri akan mengajukan anggaran ke pusat terkait pengadaan alat itu. ”Kalau Ampar (alat pemadam kebakaran ringan) masih sangat minim, untuk itu kita akan ajukan anggaran untuk antisiapasi,” ungkapnya sembari berharap tidak terjadi kebakaran di kantor yang dipimpinnya.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Damkar Kota Tanjungpinang, Derry Ambary menututurkan, pihaknya memberikan beberapa materi. Yaitu tindakan pencegahan dan meminimalisir pencegahan, mensosialisasikan cara-cara pemadaman kebakaran dan juga melakukan praktek secara tradisional maupun modern.

”Ini bukan kali pertama, beberapa instansi lain telah dilakukan simulasi kebakaran. Instasi yang sudah melakukan simulasi diantaranya RSUP, Taspen, PLN dan PN Tanjungpinang,” ucapnya.

Derry menjelaskan, dalam latihan ini pihaknya memberikan pemahaman kepada pegawai pengadilan dalam pencegahan kebakaran serta cara mematikan api. ”Setiap gedung-gedung harus menyediakan apar Apar jenis powder. Ini minmal,” ujarnya. (cr27)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here