Pejabat Cemas Dihantui Isu Mutasi

0
973

KARIMUN – MENJELANG memasuki bulan Desember, sejumlah pejabat eselon II dan III saat ini merasa cemas dengan merebaknya isu mutasi jabatan. Isu yang beredar, Bupati Karimun Aunur Rafiq pada Desember mendatang hendak melakukan mutasi jabatan. Sehingga, sejumlah pejabat merasa was-was apakah jabatannya dicopot atau dipertahankan.

Pada penyelenggaraan pemerintahan, mutasi jabatan adalah hal biasa dilakukan pimpinan. Tujuannya untuk penyegaran organisasi pemerintahan dan promosi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dianggap mampu atau berprestasi sesuai bidang kerja. Terkadang, pejabat ada yang siap dimutasi ada yang tidak karena beberapa faktor.

Baca Juga :  Seluruh Camat Rapat Atasi DBD

”Sepengetahuan kita bersama, ada tiga jabatan eselon II yang kosong saat ini di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun. Jabatan itu yakni staf ahli Bupati Karimun, karena pejabatnya telah pensiun. Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaaan serta Kepala Dinas Sosial yang pejabatnya mengundurkan diri karena tersandung kasus hukum,” kata Atan, Pemerhati Kinerja Aparatur Daerah, Karimun.

Ia juga menyarankan, agar Aunur Rafiq memutasi camat yang sudah tiga kali menjabat sebagai Camat, seperti Camat Moro, Camat Meral, Camat Kundur Barat. Demikian halnya, dengan Sekretaris Camat (Sekcam) yang telah menjabat lebih dari empat tahun menjabat. Ia menyebutkan, para pejabat tidak perlu resah karena jabatan adalah amanah dan sudah ada masanya.

Baca Juga :  Keluhkan Pelayanan Jangan di Medsos

”Ini harus disadari, dan UU sudah mengatur tentang mutasi jabatan eseon II. Kepala daerah dapat memutasi pejabat setelah dua tahun menjabat, kecuali kinerja Kepala OPD tidak maksimal. Maka dapat di usulkan kepada Komite ASN, untuk dilakukan mutasi,” terang Atan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Karimun M Firmansyah ketika dikonfirmasi tentang mutasi melalui pesan singkat belum memberikan komentar apa pun terkait isu mutasi tersebut.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here