Pejabat di Kepri Tegaskan Tolak Pungli

0
687
Tanda tangan: Gubrnur kepri dan Kapolda Kepri bersama bejabat mensosialisasikan perang terhadap pungli dengan membubuhkan tanda tangan di spanduk panjang yang dibentangkan di Dataran Engku Putri, Batam Jumat 31/3. F- martua/tanjungpinang pos

BATAM – Para pejabat di Provinsi Kepri membubuhkan tandatangan di atas spanduk sepanjang 10 meter, penolakan atas pungutan liar.

Selain itu mereka juga mendeklarasikan komitmen menolak pungli. Penandatanganan komitmen itu dilakukan, setelah jalan pagi yang berlangsung, Jumat (31/3) di Batam.

Hadir pada kesempatan itu, selain Kapolda Kepri, Irjen Sam Budigusdian dan jajarannya, ada perwakilan dari Pemerintah Kepri, Asisten Ekbang Syamsul Bahrum. Pemko Batam, mengurus Sekda, Jefriden dan jajarannya. Selain itu, ada dari Ombusman, Kejaksaan dan lainnya.

Baca Juga :  Amsakar Mengadu ke Apeksi

Pada kesempatan itu, ribuan aparat Polda Kepri melakukan jalan santai dengan membawa stiker berisi tulisan tolak pungli.

Stiker dan selebaran penolakan atas pungli disebarkan kepada semua aparatur pemerintahan yang hadir dan warga masyarakat yang hadir. Ini upaya menjadikan Kepri agar bebas dari praktik Pungli.

”Kita deklarasikan untuk Kepri bebas pungli. Pungli menjadi musuh bersama yang harus diberantas. Pungli merusak tatanan dan sistem di Indonesia. Pungli merupakan perbuatan melawan hukum atau perbuatan pidana yang harus dihindari,” Kata Kapolda.

Baca Juga :  Ramai-ramai Belajar Pelayanan Pelanggan ATB

Sam berharap dengan adanya Tim Saber Pungli bisa mengatasi maraknya pungli di Provinsi Kepri. Masyarakat juga berperan aktif membantu Satgas Saber Pungli dalam memberantas pungli. Diungkapkan, saat ini posko saber Pungli, tersebar di Polres yang ada di Kepri.

”Saya berharap masyarakat sebagai pengawas langsung penyelenggara pelayanan publik. Masyarakat juga tidak menyuap aparat. Mesti memiliki kesadaran budaya lapor dan kemauan melaporkan praktik Pungutan liar ke posko-posko Saber Pungli,” imbaunya.

Sementara Irwasda Polda Kepri, Heru Panoto mengatakan, penyebab buruknya pelayanan, karena banyak pungli, termaksud di Kepri. Pembentukan unit saber pungli untuk membangun sistem pemberantasan pungli.

Baca Juga :  Hari Pertama Operasi Zebra, 109 Kendaraan Ditilang

”Untuk mendorong peningkatan pelayanan, kepada instansi pemerintah dan masyarakat, agar memahami dan tidak melakukan pungli. Dengan deklarasi ini, bisa meningkatkan pemberantasan korupsi,” imbaunya. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here