Pejabat Galau, Ragu Tenderkan Proyek

0
546
SEKDAPROV Kepri TS ARif Fadillah bersalaman dengan kepala OPD usai apel, baru-baru ini. f-suhardi/tanjungpinang pos

Menjelang Open Bidding eselon ii pemprov kepri

Isu pergeseran sejumlah pejabat Eselon II di lingkungan Pemprov Kepri sudah lama kedengaran. Namun belum ada juga pelantikan pejabat baru. Sedangkan pejabat Eselon III dan IV tidak ada isu itu, justru mendadak pula dilakukan pelantikan.

TANJUNGPINANG – KHUSUS untuk pejabat Eselon II ini, seakan membuat keraguan dan ketidakpastian apakah benar ada pergeseran. Jangan-jangan tidak kebagian kursi lagi. Sempat muncul 12 nama yang akan diganti dan digeser. Ini makin mengkhawatirkan para pejabat.

Isu ini berpengaruh pada lelang proyek. Kelak jika proyek sudah dilelang dan dirinya tidak lagi berada di situ, maka persoalan beda muncul nanti. Namun, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri H TS Arif Fadillah mengatakan, bahwa April mendatang lelang jabatan atau open bidding struktur kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kepri digelar.

Baca Juga :  Pacu Ekonomi Lewat Hang Nadim

Ternyata pernyataan ini justru membuat beberapa pejabat setingkat Eselon II sampai III di lingkungan Pemprov getar-getir. Mereka galau. ”Katanya akan ada lelang jabatan April ini,” tanya salah satu pejabat di eselon II kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (18/3) kemarin.

Pertanyaan seperti ini sering dialami wartawan sejak akhir tahun lalu. Karena sejak itu juga mulai berhembus isu mutasi ini seakan menakut-nakuti para pejabat.

Pejabat yang bertugas di salah satu biro tersebut menyebutkan, bukan tidak mungkin ada beberapa pejabat teknis lainnya yang getar-getir saat ini karena khawatir akan bergeser. Namun, sebagai abdi masyarakat dirinya mengaku apapun keputusannya nanti, semoga bisa bekerja maksimal membantu Gubernur. Ketua Komisi I DPRD Kepri Abdul Rahman LC menegaskan, bahwa sebagai seorang yang diberikan amanah harus bersikap profesional.

”Saya kira kalau pun itu terjadi, itu bagian dari proses pematangan sebuah jabatan,” tegas legislator Partai Keadilan Sejahtera Kepri tersebut.

Baca Juga :  Hari Ini, Pendaftaran CPNS Mulai

Di satu sisi, dirinya sangat apresiasi sikap Pemprov Kepri yang dalam waktu dekat ini siap menggelar open bidding. Hanya saja dirinya mengingat, agar dalam proses tersebut lebih mengedepankan, profesionalitas. ”Jangan jadikan ini ajang formalitas saja, kita sangat menghargai proses ini, karena proses ini adalah bagian dari aturan yang ada,” tegasnya.

Sebagai informasi, bahwa Arif Fadillah, mengungkapkan, pengisian jabatan tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari KASN dan rencananya awal April mendatang mulai digelar.

Arif membeberkan, ada beberapa jabatan yang saat ini terjadi kekosongan antara lain, Kepala Kesbangpol, Kepala Dispenda, Kepala Dinas Kominfo. Sedangkan jabatan yang sudah memasuki masa pensiun, Staf Ahli bidang ekonomi dan Pembangunan, serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Azman Taufik, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Amir Husin, Kadisdik Kepri Arifin Nasir, serta Ridwan Hamta Kadis Koperasi UKM. Bahkan, beberapa jabatan strategis lainnya sudah rangkap jabatan. Seperti jabatan Asisten I hingga III.

Baca Juga :  Apri Terima Penghargaan dari Mendagri

Arif menjelaskan, pelaksanaan open bidding nantinya akan dilakukan secara terbuka. Di mana, para peserta boleh berasal dari lingkungan Pemprov Kepri yang sudah memenuhi kriteria dan syarat, dan juga bisa pejabat dari pemerintahan kabupaten/kota di Kepri dan juga bisa dari luar Kepri.

”Kan sistemnya memang seperti itu, siapapun pejabat negara yang memenuhi syarat bisa mengajukan untuk daftar dalam open bidding ini,” tutupnya. Arif mengatakan, open bidding dalam waktu dekat, itu untuk mengisi jabatan yang kosong akibat pejabat pensiun.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here