Pejabat Lokal Jadi Prioritas!

0
441
H Lis Darmansyah

Pemko Segera Gelar Open Bidding

Tanjungpinang – Pemko Tanjungpinang harus jeli dan tranparans dalam memilih sejumlah pejabat diproses lelang terbuka (open bidding).

Ini untuk mengisi sejumlah jabatan yang kosong di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dulunya disebut Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Setiap pengangkatan atau pelantikan pejabat baru, Lis Darmansyah beberapa waktu lalu mengaku ia tidak memutuskan sendiri.

Namun ditentukan berdasarkan usulan Sekretaris Daerah (Sekda). Selanjutnya diputuskan dari hasil musyawarah dia dengan Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul.

”Untuk jabatan yang kosong saat ini akan dilakukan open bidding. Siapa saja bebas mendaftar di Open Bidding. Cuma diutamakan yang lokal dari Tanjungpinang,” katanya.
Menurut Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Suparno menilai tim pemko saat ini sudah jalan.

”Namun harus mengejar kualitas dan menonjolkan profesionalisme,” kata Suparno kemarin.

Ada enam jabatan yang kosong saat ini dan akan dilelang. Di antaranya, jabatan kepala Dinas Perhubungan, Dinas PU, Dinas Sosial, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan dua orang Staf Ahli.

”Saya lihat tim pansel sudah bekerja baik, tinggal waktu saja lagi untuk buka pendaftaran,” tegasnya.

Saat disinggung, apakah program kerja pemerintahan H Lis Darmansyah-H Syahrul, terhambat karena belum dibuka pandaftaran open bidding? Politisi PDI Perjuangan ini menjawab, program dan kinerja pemerintah tetap berjalan maksimal.

”Mskipun belum terpilih kepala OPD-nya, pemerintahan dan program dijalankan oleh sekretaris OPD di masing-masing dinas,” ucapnya.

”Taklah, program tetap jalan dan kinerja tetap jalan. Kan ada sekretaris dinas yang menjalankan roda program dan kinerja dinas yang akan di open bidding,” tegasnya.

Ia juga berharap, agar segera dibuka pendaftaran open bidding. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Diklat, H Tengku Dahlan, mengatakan dalam waktu dekat ini, akan dibuka pendaftaran open bidding.

”Hari ini (kemarin, red) kita rapat teknis dengan Pak Sekda,” tegasnya. Hasil rapat itu, akan diputuskan, kapan open bidding dilaksanakan. Dan, hasil rapat itu juga, akan di bawah ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta.

”Hasil rapat seperti apa, kita bawa ke KASN untuk dilaporkan,” tegasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tanjungpinang,H Lis Darmansyah, mendorong agar pejabat eselon III, agar mendaftar untuk ikut open bidding, untuk mengisi posisi pejabat eselon II.

”Saya dorong pejabat eselon III yang memehui syarat harus harus ikut open bidding,” kata Lis

Ia juga harapkan, pansel open bidding, bekerja dengan maksimal. Karena, penilaian nanti ditentukan oleh pansel open bidding. ”Nanti hasil open bidding itulah syarat untuk menduduki jabatan pejabat eselon II lingkungan Pemko Tanjungpinang,” tegasnya.

Begitu juga dengan mantan Plt Sekdaprov Kepri, Reni Yusneli, harus ikut lelang jabatan.

”Ya, harus ikut open bidding sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

SK Ada Belum Dilantik
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono mengatakan, masih ada tiga pejabat di lingkungan Pemko Tanjungpinang tidak menghadiri pelantikan, belum lama ini.

Tiga orang tersebut belum di sumpah jabatan oleh Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah. Namun, SK tiga orang tersebut sudah di bacakan pada waktu pelantikan.

Saat ditelusuri ke Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), tiga pejabat tersebut, ternyata ada yang sakit dan cuti. Yakni, dua orang sakit, dan satu orang lagi cuti. Mereka merupakan pejabat eselon III dan IV. Eselon III ada satu orang, dan dua orang lagi di eselon IV.

”Jadi, kita minta mereka untuk tunjukkan keterangan sakit, bagi yang sakit. Kalau yang cuti, apa betul sedang cuti,” kata Riono, Senin(30/1).

Katanya, tiga orang tersebut tetap menjabat berdasarkan SK tersebut. Tetapi, tiga orang tersebut belum bisa mendapatkan hak-hak menjalankan tugasnya berdasarkan SK tersebut. Karena tiga orang tersebut belum di sumpah dan di lantik oleh kepala daerah.

Maka, pelantikan untuk tiga orang tersebut akan segera menyusul. Pelantikan bisa dilakukan Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Syahrul, dan Sekda Kota Tanjungpinang Riono termasuk Kepala BKD yang melantik.

Kepala BKD Kota Tanjungpinang, Tengku Dahlan saat di konfirmasi, menjelaskan tiga pejabat yang belum dilantik adalah Rian Herdiana, berdinas di Dinas Pekerjaan Umum (PU). Urai Syafriati sedang sakit berdinas di Dinas Pariwisata, dan Sjelly Lasut sakit berdinas di Sekretaris Kopri. (ABAS-ANDRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here