Pejabat Struktural Harus Memenuhi Standar Kinerja

0
546
RAPAT: Plt Sekdakab Bintan Adi Prihantara saat memimpin rapat, dengan pejabat struktural Eselon III dan IV baru-baru ini. F-ISTIMEWA/PEMKAB BINTAN

BINTAN – Belum lama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, memperoleh nilai B dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) itu berlangsung tahun 2016 lalu.

Pencapaian yang diraih Pemkab Bintan tersebut, adalah karena berhasil mengevaluasi serta meningkatkan pelayanan-pelayanan publik.

Ini menjadi point indikator penilaian oleh KemenPAN-RB dalam menilai Hasil Laporan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tersebut.

Dengan perolehan tersebut, Plt Sekda Kabupaten Bintan Drs Adi Prihantara MM menegaskan, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bintan segera melakukan langkah-langkah mensinkronkan kinerja terkait tugas dan fungsinya.

Arahannya telah diberikan kepada seluruh pejabat struktural di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hal tersebut telah dibahas, dalam rapat uraian tugas dan pokok bersama jajaran Eselon III dan IV.

Adi Prihantara mengatakan bahwa penyesuaian terkait tugas dan fungsi haruslah segera dilakukan terutama untuk program-program prioritas yang akan dilaksanakan dan dituntaskan di tahun 2017 untuk kemajuan Bintan terlebih soal pelayanan kepada masyarakat.

”Untuk itu segera lakukan penyesuaian, dan percuma kalau bangunan kantor yang megah tapi roh bangunannya hilang artinya terkait manajemen kerja, pengaturan kinerja harus dijadikan titik berat untuk perhatian bersama dala menjalankan program kerja,” ujar Adi Prihantara, Kamis (31/1).

Selain itu, Adi Prihantara juga menyarankan kepada seluruh pejabat struktural melakukan tugas dengan baik. Hal terpenting adalah membuat Standar Operasional Prosedure (SOP) terkait kinerja, hal tersebut menurutnya amat penting.

Dikarenakan SOP tersebut bertujuan, dalam pencapaian sebuah program yang berhasil dan harus mempunyai sebuah acuan agar kinerja dapat memenuhi standar.

”Kita menginginkan pejabat struktural, bisa melaksanakan program kerja sesuai dengan visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan. Karena dengan SOP, akan membuat bagaimana sebuah program dan kegiatan tercapai dengan baik,” ungkapnya. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here