Pekan Depan, Festival Lampu Cangkok Dimulai

0
298
BUPATI Bintan H Apri Sujadi menyapa warga sambil membawa lampu cangkok, pada malam Ramadan tahun lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos
Pemkab Bintan kembali menggelar festival lampu cangkok pada bulan Ramadan 1440 hijriah ini. Festival yang diikuti 36 desa dan 15 kelurahan di sepuluh kecamatan se-Kabupaten Bintan ini dimulai, Sabtu (25/5) malam pekan depan.

BINTAN – PERSIAPAN festival lampu cangkok ini sudah beberapa kali dibahas dalam rapat internal Pemkab Bintan. Festival lampu cangkok sudah ditetapkan menjadi agenda tahunan Pemkab Bintan, guna melestarikan budaya tradisional Melayu Bintan. Sekaligus menyemarakkan Bulan Suci Ramadan di Kabupaten Bintan.

”Festival lampu cangkok ini merupakan ide Pak Bupati. Sejak tahun lalu, festival ini ditetapkan menjadi agenda rutin, setiap Ramadan. Tahun ini, Insya Allah akan kembali dilaksanakan,” ujar Aupa Samake Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bintan, di Kantor Bupati Bintan, kemarin.

Dalam festival lampu cangkok nanti, lanjutnya, akan dinilai beberapa aspek. Seperti artistik gerbang dengan penataan lampu bernuansa islami, estetika dan kemeriahan lampu cangkok, serta partisipasi masyarakat di desa/kelurahan tersebut.

”Rencananya, akan dimulai Sabtu tanggal 25 Mei pekan depan, atau tepatnya 21 Ramadan sampai dengan 27 Ramadan 1440 hijriah. Kegiatan ini sekaligus salah satu gelaran wisata religius yang mengandalkan kearifan lokal dan budaya islami,” jelas Aupa.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here