Pekan Depan, Gaji 13 Cair

0
800
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun bersama petinggi TNI-AL dan TNI-AD memantau perairan Kepri naik kapal cepat, baru-baru ini

Awal pekan depan, gaji 13 pegawai negeri pusat di Kepri, pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pegawai kementerian/lembaga, TNI-Polri akan cair. Pencairan gaji-13 ini tidak jauh dengan gaji rutin Juli nanti.

TANJUNGPINANG – KEPALA Kanwil Ditjend Perbendaharaan Negara Provinsi Kepri, Heru Pudyo Nugroho mengatakan, sejak masuk lebaran pada 21 Juni pekan lalu, sudah ada beberapa satuan kerja (satker) sudah mulai mengusulkan pencairan gaji 13.

”Kita akan terima sampai minggu ini. Setelah itu, awal pekan depannya sudah cair. Kalau gaji bulanan biasanya tanggal 1 Juli sudah cair. Kalau gaji 13, kemungkinan satu atau dua hari setelah gaji bulanan,” jelas Heru Pudyo Nugroho via ponselnya, Minggu (24/6) kemarin sore.

Di Kepri, ribuan pegawai kementerian/lembaga maupun TNI/Polri. Rata-rata, gaji seluruh pegawai pusat di Kepri dan TNI/Polri sekitar Rp75 miliar hingga Rp76 miliar.

Untuk gaji 13, komponennya juga sama seperti gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan anak istri dan lainnya. ”Gaji 13 yang diterima nanti sama dengan gaji rutin bulanan. Gaji 13 ini untuk membantu saat anak mau masuk sekolah,” tambahnya.

Baca Juga :  UN, 24.021 Siswa Kepri Diminta Tenang

Sementara itu, Pemprov Kepri menjamin anggaran gaji 13 bagi kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak akan mengganggu mata anggaran lainnya. Sebab anggaran gaji 13 sudah dianggarkan dalan APBD Murni 2018.

”Ya gaji 13 pasti akan diberikan. Sebab itu sudah menjadi kewajiban pemerintah dan sudah dianggarkan di APBD 2018,” kata Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Dompak, belum lama ini.

Selain itu, Nurdin juga memastikan dan menjamin anggaran gaji 13 tersebut tidak akan mengganggu mata anggaran lainnya. Artinya, tidak akan menggunakan anggaran program lainnya yang sudah direncanakan.

”Gaji 13 ini, sudah diberlakukan sejak lama, bukan merupakan kebijakan baru, sehingga tidak akan merubah atau memakai anggaran lainnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Inspektorat Jadi Bagian Kemendagri

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri TS Arif Fadillah, bawa gaji 13 akan diberikan pada minggu pertama atau awal minggu kedua bulan Juli mendatang.

Dan anggarannya sendiri sudah disiapkan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Kepri. ”Penghitungan gaji 13 sudah dilakukan BPKAD sekaligus dengan penghitungan THR itu. Namun, nilai besaran gaji 13 saya tidak ingat, tetapi tidak jauh dengan angka THR itu,” katanya.

Arif juga menegaskan, anggaran untuk gaji 13 tidak akan mengganggu atau memakai anggaran dari pos lainnya, sebab gaji 13 sudah disiapkan atau dianggarkan di APBD tahun ini.

Bahkan, tambahnya, anggaran untuk THR sendiri sudah dianggarkan yang mana biasa menyebutnya dengan anggaran gaji 14. ”Kalau gaji 13 ini memang dianggarkan untuk membantu orang tua saat masuk ajaran baru sekolah. Dan itu sudah berlangsung lama. Sedangkan THR kebijakan baru pemerintah pusat, namun sebenarnya itu sudah dilakukan di daerah dengan gaji 14 itu,” bebernya.

Baca Juga :  5 Februari Batas Kumpul Berkas CPNS

Sementara itu Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Kepri Ayub mengatakan, anggaran gaji 13 tidak jauh berbeda dengan anggaran THR itu, hanya yang membedakan berdasarkan jabatan, kepangkatan atau golongan.

”Gaji 13 besarannya dibayar berdasaarkan jabatan, kepangkatan ataupun golongan, gaji pokok ditambah dengan tunjangan istri/suami dan anak,” jelasnya.

Pihaknya sudah menyiapkan dan menghitung anggaran gaji 13 tersebut, dan gaji 13 ini akan diberikan pada awal minggu pertama atau minggu kedua bulan Juli nanti.

”Setiap tahun gaji 13 diberikan tiap bulan Juli saat masuk penerimaan ajaran baru sekolah. Dan gaji 13 ini memang dianggarkan untuk membantu biaya sekolah,” ujarnya lagi.(MARTUNAS-SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here