Pekan Depan, Wagub Dilantik!

0
688
Isdianto bersama, Hotman dan Surya Makmur serta Ketua DPD PDIP Kepri, Soerya Respationo, Selasa (20/3) di Gedung DPRD Batam.f-martua/tanjungpinang pos

Pemprov Belum Terima Surat Resmi

Wakil Gubernur (Wagub) Kepri Isdianto disebut akan mendapatkan SK penetapan atau pelantikan pekan depan di Jakarta. Informasi itu beredar di kalangan pejabat, kemarin.

BATAM – NAMUN, hingga kemarin, Biro Pemerintahan Pemprov Kepri belum menerima surat resmi penetapan Wagub ataupun pelantikan itu dari Kemendagri. Kabiro Pemerintahan Pemprov Kepri, Haryono saat dihubungi belum bisa memberi pernyataan yang lebih pasti dengan alasan surat resmi belum ada.

”Sudah dua wartawan yang nanya itu sama saya. Sampai sekarang belum ada surat masuk ke kita. Kalau hanya informasi lisan, saya tidak berani memastikannya. Kalau suratnya sudah ada, barulah saya bisa ngomong,” ujar Haryono via ponselnya.

Mantan Ketua Pemilihan Wagub Kepri, Hotman Hutapea mengatakan, tanggalnya belum diketahui pasti kapan, namun dia menyebutkan pelantikan Wagub akan digelar di Jakarta pekan depan. Hal itu disampaikan Hotman kepada wartawan usai pelantikan Wakil Ketua DPRD Batam, Helmi Hemilton, Selasa (20/3) di Batamcenter.

Baca Juga :  Natuna Jadi Geopark Nasional

Saat itu, Hotman hadir bersama calon Wagub Kepri, Isdianto dan Ketua DPD PDIP Kepri, Soerya Respationo. Saat ditanya kembali apakah SK penetapan Isdianto sebagai Wagub Kepri sudah diterimanya, Hotman mengatakan belum ada. Tapi dia tetap yakin pelantikan atau SK penetapan dilakukan pekan depan.

”Setelah melalui perjuangan melelahkan, minggu depanlah. Tidak tahu, apa SK (keluar) atau pelantikan,” kata Hotman mengelak.

Walau belum menerima SK, namun Hotman minta agar didoakan soal rencana minggu depan. Awalnya Hotman tidak menjelaskan minggu depan, apakah SK keluar atau pelantikan. ”SK belum dilihatin, doakan saja. Pelantikan atau SK? Nanti kita lihat. Nanti kalian diundang,” sebut Hotman, sebelum ditimpali Soerya.

Ketua DPD PDIP Provinsi Kepri yang juga mantan Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo menimpali pernyataan terakhir dari Hotman khususnya terkait undangan atau ajakan untuk meliput pelantikan itu. ”Eh, Pak Hotman yang mengundang ya. Pak Hotman nanti yang bayar tiket pesawat ya,” kata Soerya sambil tertawa.

Baca Juga :  Target Wisman Kepri Terlalu Tinggi

Seperti diingatkan, walau di awal pertanyaan tidak tegas menyebut acara minggu depan untuk pelantikan, namun Hotman mengatakan pelantikan akan dilakukan Wagub Kepri di Jakarta. Sehingga awalnya dia mengajak wartawan ikut serta melihat acara minggu depan, kemudian diubahnya dengan membatalkan ajakan terhadap wartawan.

”Oh, iya, pelantikan di Jakarta. Tidak jadi (ajak wartawan). Saya lupa, pelantikan di Jakarta,” kata Hotman menimpali.

Sementara Isdianto yang berdiri diantara Hotman dan Soerya mengaku sikapnya hanya menunggu. Dia menyerahkan prosesnya kepada Mendagri dan Presiden. ”Saya ini hanya menunggu saja. Saya ikuti apa yang diputuskan,” kata Isdianto singkat.

Sebelumnya, saat akan meninggalkan gedung DPRD Batam, Ketua DPD Partai Demokrat Kepri, Apri Sujadi mengatakan, pihaknya akan menerima apapun keputusan pemerintah pusat. Pihaknya diakui tidak dalam posisi menolak keputusan Mendagri atau Presiden.

”Kita ikuti proses yang ada di Mendagri. Pada dasarnya kami sebagai partai pengusung sudah menjalankan prosedur dan mekanisme paripurna yang dijalankan di DPRD Provinsi Kepri,” kata Apri.

Baca Juga :  Dua Tewas Terseret Banjir

Demikian, disebutkan pihaknya menunggu apa keputusan Mendagri. Diharapkan ada ketegasan dan kejelasan dari pemerintah pusat terkait nasib Wagub Kepri.

”Kita menunggu dari Mendagri, mau diapakan ini barang (Wagub). Semua ada aturan. Kalau ada yang menolak, itu biasa. Pada prinsipnya kami mengikuti prosedur. Bola dan prosedur ada di Mendagri,” imbuhnya.

Awalnya, wartawan menanyakan perkembangan Wagub ke Soerya. Tapi dia menolak karena bukan parpol pengusung Sani-Nurdin (Sanur). ”Pak Hotman aja. Kan dia partai pengusung. Dia tim pemilihan,” kata Soerya mengarahkan ke Hotman.

Namun ada sejumlah pendapat menyebutkan, SK penetapan atau pelantikan tidak akan keluar jika pemilihan Wagub Kepri masih di bawah ke ranah hukum. Saat ini, masih ada gugatan ke PUTN soal pemilihan Wagub Kepri yang dilakukan dengan calon tunggal.(MARTUNAS-MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here