Pekan Ini, 29 Kapal Asing Ditenggelamkan

0
1024
Waher Tarihoran, SH,

NATUNA – KEPALA Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Natuna, Waher Tarihoran menyampaikan, bahwa pihaknya dan TNI AL dan beberapa instansi lainnya akan melakukan penenggelaman Kapal Ikan Asing (KIA) di perairan Pulau Tiga pada 1 April 2017 mendatang.

Waher menjelaskan, eksekusi terhadap 16 KIA itu berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri (PN) Ranai yang sudah ditetapkan.

”Pada 1 April ada eksekusi KIA dengan cara ditenggelamkan. Eksekutornya Kejaksaan dan TNI AL. Lokasinya sudah ditentukan yakni di Perairan Pulau Tiga,” kata Waher di Jalan Soekarno Hatta, Ranai, Selasa (28/3).

Baca Juga :  Ratusan Personel Siap Jaga Perbatasan Natuna

Dikatakannya, KIA yang akan dieksekusi dengan cara ditenggelamkan itu berjumlah 29 unit. 16 di antaranya sudah mendapatkan putusan yang inkrah dari Pengadilan Adhoc Perikanan Pengadilan Negeri Ranai. Sementara 13 sisanya masih dalam tahap penyidikan di TNI AL yang dalam hal ini ditangani Lanal Ranai.

”Kapal – kapal ini akan ditenggelamkan dengan cara diledakkan. Kita dari kejakasaan selaku eksekutor KIA yang sudah dapat putusan inkrah dan yang lainnya TNI AL. Tapi yang jelas eksekusinya akan dilakukan ditempat dan lokasi serta kesempatan yang sama,” jelas Waher tanpa menyebutkan nama dan negera asal kapal-kapal itu.

Baca Juga :  Petani Ingin Harga Karet Rp 10 Ribu Per Kg

Selain Kejaksaan dan TNI AL, sejumlah instansi juga dilibatkan sebagai penganggung jawab dalam pelaksanaan eksekusi itu seperti Pengadilan Negeri, Kepolisian serta Pengawas Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) dan Satgas 115.

”Pemerintah daerah juga turut diundang pada pelaksanaan eksekusi,” sambungnya.

Prihal persiapan, Waher mengaku proses persiapan dilakukan bersama TNI AL, pihak PSDKP serta Satgas 115 dan unsur terkait.

”Persiapan terus kita lakukan. Semoga nantinya berjalan lancar,” ujar Waher.(HERDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here