Pekan Ini, Dana Desa Cair Rp 18 Miliar

0
590
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama Kepala PMD Bintan Rony Kartika meninjau pembangunan desa Toapaya, belum lama ini.f-dokumen/tanjungpinang pos

BINTAN – ANGGARAN Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) untuk tahap pertama tahun 2018 dijadwalkan cair, pada pekan ini. Anggaran yang bisa dicairkan itu mencapai kurang lebih Rp 18 miliar.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menerangkan, 36 pemerintah desa se-Kabupaten Bintan sudah menandatangani fakta integritas dan menerima DPA bantuan desa, Selasa (20/2) lalu. Sebagian pemerintah desa sudah menyusun rencana kegiatan anggaran dalam APBDes, dan mengajukan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

”Semua proses saya rasa sudah jalan. Tinggal pencairan saja dalam pekan ini. Tapi, pencairan itu untuk tahap pertama,” kata H Apri Sujadi, Senin (5/3) kemarin.

Untuk pencairan ADD dan DD sudah diatur dalam PMK nomor 225/2017. Sesuai aturan itu, pencairan bantuan desa dilakukan tiga tahap. Tahun anggaran 2018 ini, sebanyak 36 desa se-Kabupaten Bintan menerima bantuan Dana Desa (DD) dari APBN sebesar Rp 30,903 miliar. Sedangkan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD 2018 Bintan sebesar Rp 53,075 miliar. Sehingga, total anggaran untuk 36 pemerintah desa se-Bintan sebesar Rp 83,978 miliar.

Baca Juga :  Wabup: Bintan Siap Bikin Festival Jong Tingkat Provinsi

”Untuk tahap pertama ini, lebih dari Rp 18 miliar yang sudah bisa dicairkan,” sebut bupati.

Bupati berpesan, agar pemerintah desa mengalokasikan anggaran ADD dan DD sesuai dengan aturan. Kemudian, kegiatan yang dilaksanakan harus memberdayakan masyarakat tempatan. Sehingga membuka lapangan kerja bagi warganya. Bahkan, pemerintah mesti merekrut tenaga Pertahanan Sipil (Hansip) dan petugas kebersihan, dari APBDes itu.

”Paling tidak, ada 3 ribuan warga yang bisa mendapat pekerjaan dari bantuan desa mencapai Rp 83,978 miliar ini. Jangan lupa, pengelolaan harus sesuai aturan, kalau tidak mau berhadapan dengan proses hukum,” tambah H Apri Sujadi.

Baca Juga :  Bupati dan Sekda Tetap Ngantor

Ronny Kartika, Kepala Dinas PMD mengatakan, pencairan ADD dan DD untuk tahap pertama pada tahun 2018 ini dipastikan tertib. Hal ini karena seluruh desa sudah menyelesaikan laporan dan administrasi yang disyaratkan.

”Kalau tidak ada kendala, dalam pekan ini sudah cair semua desa. Untuk ADD sebesar 25 persen dari Rp 53 miliar dan DD sebesar 20 persen dari Rp 30 miliar,” terangnya, Senin (5/3).

Ia menambahkan, anggaran yang cair tersebut akan diberikan sesuai porsinya dari 36 desa yang ada di Bintan. Jumlah yang diterima tentunya akan bervariasi.

Baca Juga :  Bintan Ingin Wujudkan Sentra Peternakan Sapi

”Saat ini kami jadwalkan pencairan dana desa ini sesuai rencana. Tidak ada lagi desa-desa yang nakal dan jangan sampai coba-coba nakal. Harus tertib, kalau tak paham ada klinik desa untuk konsultasi,” sebutnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan lebih ketat mengawasi penggunaan dana desa di lapangan, tujuannya agar tidak ada lagi penyelewengan-penyelewengan seperti kasus beberapa desa pada tahun lalu.

”Kan juga sudah diingatkan oleh kejaksaan, sudah ada upaya pencegahan kalau mau nakal. Kalau tetap nakal juga, siap-siap saja diproses hukum. Buktinya sudah ada kan,” tambahnya.(YENDI-JENDARAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here