Pekerja Kafe Ingin Cek Kesehatan

0
196
PERSONEL Polres Natuna ketika menggelar razia dan memeriksa identitas pekerja THM Sabtu (1/9). f-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – Sejumlah pekerja Tempat Hiburan Malam (THM) meminta pemerintah aktif untuk mengecek kesehatan mereka seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tujuannya, agar mereka mengetahui kondisi kesehatannya yang sebenarnya.

Seorang pemilik kafe, Inah mengaku ia dan pekerjanya sudah lama menunggu kehadiran kegiatan pemerintah untuk mengecek kesehatannya.

Untuk itu, mereka ingin mengetahui kondisi kesehatannya masing-masing untuk menghilangkan kekhawatiran dalam bekerja.

”Kami ingin ada kegiatan dari pemerintah, seperti mengecek kesehatan diaktifkan lagi seperti seperti dulu. Kami senang dengan kegiatan itu, dengan begitu kami tahu cara menjaga kesehatan dan mengatasi penyakit bila ada yang terkena penyakit,” kata Inah di kafenya, Sabtu (1/9) malam.

Ia mempertanyakan, kenapa pemerintah tidak pernah menggelar kegiatan serupa selama beberapa tahun belakangan ini.

”Bilanglah sama pemerintah, biar diaktifkan lagi kegiatannya. Kami juga perlu dicek seperti masyarakat lainnya, karena kami juga telah menjalankan kewajiban kami sebagai warga negara seperti masyarakat-masyarakat lainnya,” pinta Inah, kepada personel Polres Natuna saat merazia THM.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah mengatakan, tahun ini pemerintah tidak ada menganggarkan kegiatan pemeriksaan atau survei terhadap Wanita Pekerja Seks (WPS) guna pengecekan HIV/AIDS.

Pemerintah hanya melakukan kampanye Aku Bangga Aku Tahu (ABAT) ke sekolah-sekolah, sebagai langkah pencegahan saja.

Sekolah yang disasarpun terbatas pada sekolah-sekolah, yang ada di Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran Tengah, Bunguran Selatan serta Bunguran Batubi.

”Kemampuan anggaran tidak memungkinkan untuk menjangkau semuanya, termasuk kegiatan cek HIV/AIDS ke tempat-tempat hiburan dewasa,” jelas Hikmat.

Ia menambahkan, cek kesehatan sudah diusulkan pada APBD lalu. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here