Pelabuhan Batuampar Amblas

0
109
KONDISI Pelabuhan Batuampar, yang amblas, Kamis (14/6) belum dilakukan perbaikan. F-ISTIMEWA
Dermaga selatan, Pelabuhan Batuampar, saat ini dalam proses lelang untuk revitalisasi. Namun dermaga yang dibangun tahun 1983 itu ambruk lebih cepat.

BATAM – Hal itulah direncanakan untuk mempercepat revitalisasi. Jika dimungkinkan, proses revitalisasi diajukan ke pemerintah pusat, dilakukan tanpa melalui lelang.

Kepala Badan Pelabuhan Laut Badan Pengusahaan (BP) Batam, Nasrul Amri Latifâ, Kamis (13/6), membenarkan amblasnya dermaga itu, sekitar 36 x12,5 meter. Proses revitalisasi akan berjalan secara multiyears dengan total Rp1,4 triliun. Tahun ini anggaran disiapkan sekitar Rp300 miliar lebih.

”Sudah proses lelang untuk revitalisasi. Tapi keburu amblas. Kita sekarang minta keputusan menteri agar penunjukan saja. Penunjukan diharapkan disetujui agar Juli akhir sudah langsung dikerjakan,” ungkap Nasrul.

Disebutkann dermaga itu harusnya ada pemeliharaan atau perbaikan berkala. Tapi sebelum-sebelumnya disebut, tidak ada perbaikan. Sementara untuk umur, dinilai sudah tepat dilakukan revitalisasi. Bahkan, pelabuan lain di Jakarta, Surabaya dan Makasar, diakui sudah lebih dulu di revitalisasi.

”Kita baru dapat tahun ini revitalisasi. Tapi keburu, makanya kita minta dipercepat. Sementara untuk kebutuhan pelabuhan, pihaknya menggunakan dermaga timur dan utara,” beber dia.

Dengan revitalisasi yang disiapkan, pihaknya menyiapkan desain baru dan menambah kekuatan dermaga itu. Walau sudah amblas, namun diakui anggaran revitalisasi tidak ada perubahan. Anggaran yang disediakan dan dalam proses lelang dinilai cukup.

”Karena memang sudah disediakan sebelumnya untuk itu. Desainnya sudah disiapkan juga dan kita lakukan perubahan pada kekuatannya,” kata Nasrul.

Dermaga itu amblas, Rabu (12/6) sore. Saat kejadian, tidak ada barang atau kapal yang sedang sandar. ”Tidak ada kapal yang sandar saat kejadian. Kalau kontainer, tidak ada karena bukan tempat penyimpanan di sana,” jelasnya mengakhiri.()MARTUA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here