Pelabuhan Daik Dipadati Pengunjung

0
436
PADAT: Sejumlah penumpang di Pelabuhan Sei Tenam Daik Lingga nampak padat, Selasa (21/11). Mereka datang untuk menyaksikan perhelatan Tamadun Melayu. f-fatih/tanjungpinang pos

PPTMA Masih Berhias Banyak Pertunjukan

Hilir mudik pengunjung ke Daik, Lingga bersempena Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA) masih terlihat hingga, Selasa (21/11) lalu.

LINGGA – Di Pelabuhan Sei Tenam, misalnya. Di sisi lain pelabuhan yang menghubungkan Daik dengan daerah lain ini masih dipadati pengunjung dari luar kota. Di antaranya dari Batam dan Tanjungpinang.

Rahmat, salah seorang pengunjung dari Tanjungpinang, baru tiba kemarin. Ia datang tidak sendiri. Melainkan bersama dengan rombongan komunitas pegiat layang-layang dari Batam. Mereka diketahui juga diundang dalam rangka memeriahkan PPTMA tahun ini.

”Iya, saya sendiri yang dari Tanjungpinang. Teman-teman lain menyusul dari Batam. Kata teman saya, di kapal lumayan ramai yang menuju Daik,” ungkap Rahmat.

Banyak yang datang, tidak sedikit pula yang kembali. Abdul adalah pengunjung yang sudah tiga hari ini berada di Daik, Lingga.

Ia bersama dua koleganya memang memutuskan berlibur ke Daik bersempena PPTMA. Ini, kata dia, menjadi momen liburan yang spesial.

Sebab menurutnya, dalam berlibur juga bisa sekaligus belajar sejarah kejayaan Kesultanan Riau-Lingga di daerah yang pernah menjadi pusat ibu kotanya.

”Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Puas kali selama di Daik. Tapi sayang, pekerjaan membuat kami harus segera kembali ke Batam,” ujarnya.

Sementara itu, di pusat Kota Daik, justru tidak kalah meriahnya. Bahkan, titik keramaian pengunjung berpencar. Sebagian ada yang memadati area pameran di Museum Linggam Cahaya, ada pula yang memilih pelesiran ke situs-situs bersejarah semisal area Istana Kota Damnah.

Bahkan beberapa ada yang memilih menghabiskan petang di area pelabuhan Tanjung Buton sambil menyesap barang kopi maupun teh panas.

Di area Pasar Daik juga tidak kalah ramai. Sejumlah pengunjung berbelanja buah tangan ala kadarnya sebelum pulang ke daerah asal. ”Ini saya kali pertama ke Lingga. Kotanya sungguh menyenangkan,” kata Abdul Mufid, wisatawan asal Malaysia ketika ditemui sedang berbelanja di Pasar Daik.

Kini, PPTMA Lingga 2017 masih berlangsung hingga 26 November mendatang. Masih ada sederet kegiatan hiburan berupa festival dan pesta permainan rakyat yang digelar di beberapa area di seputaran Kota Daik.

Mulai dari Pawai Budaya, Pentas Seni Tradisi Makyong, Pentas Drama Bangsawan, hingga festival musik Melayu yang terus dilangsungkan hingga malam puncak pada, Minggu 26 November mendatang.

Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA) Lingga tahun 2017 digelar sempena Hari Jadi ke-14 Kabupaten Lingga. Perhelatan ini dibuka Wakil Presiden (Wapres) RI, HM Jusuf Kalla, pada Minggu (19/11) lalu di Daik, Lingga.(FATIH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here