Pelabuhan Domestik Kijang Diajukan ke Provinsi

0
948
MUSRENBANG: Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wabup Dalmasri Syam, mengikuti Musrenbang.

Bupati H Apri Sujadi Buka Musrenbang 2018 Bintan

Bintan – PEMERINTAH Kabupaten Bintan bakal mengajukan pembangunan pelabuhan domestik Kijang-Punggur di tahun anggaran 2018 mendatang, kepada Pemprov Kepri.

Karena, anggaran pelabuhan domestik dari Kijang (Bintan) ke Punggur (Batam) itu cukup besar. Sementara, APBD Bintan sangat minim.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, usai pembukaan Musrenbang Bintan, di Hotel Sahid Teluk Bakau, Senin (13/3) kemarin.

”Pembangunan pelabuhan Kijang ke Punggur itu, kan program unggulan Pak Bupati H Apri Sujadi. Di Musrenbang ini, sepertinya belum tersedia anggaran untuk 2018 nanti. Makanya kita minta ke Pemprov Kepri. Usulan dari Kepala Dishub Bintan,” kata Dalmasri Syam.

Pada saat membuka Musrenbang tingkat Kabupaten Bintan, Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, prioritas kegiatan pembangunan di tahun 2018 mendatang antara lain pembangunan fisik tiga ikon pariwisata.

Yaitu, pembangunan gafura di Km 16 Toapaya Selatan, sebagai pintu gerbang perbatasan Bintan-Tanjungpinang. Direncanakan, dibangun gafura kapal layar bertuliskan ’Tak Berganjak’.

Di Masjid Baitul Makmur Tanjunguban, akan dibangun menara bertuliskan gafura ‘Welcoma to Bintan’ yang terlihat dari arah laut. Sehingga setiap penumpang yang datang dari Batam menuju Bintan bisa melihatnya. Lalu ikon ketiga dibangun taman air mancur, di Taman Kota Kijang, Bintan Timur.

”Dengan dibangunnya ikon pariwisata Bintan di tiga lokasi ini, saya pikir mewakili pembangunan keseluruhan wilayah dari sisi ikon,” kata Apri Sujadi.

Bupati berpesan, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan staf harus mengikuti Musrenbang ini sampai selesai, tidak boleh diwakilkan.

”Perencanaan boleh banyak, namun realisasi tergantung kemampuan anggaran,” pesan Apri.

Kepala BP4D Bintan Wan Rudi Iskandar mengatakan, tema Musrenbang tahun 2018 ini yaitu ‘Pemantapan Pelayanan Publik Didukung Pembangunan Infrastruktur menuju Bintan Gemilang’.

Sebelumnya musrenbang dilaksaanakan dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, dan rakor organisasi perangkat daerah (OPD). Terakhir Musrenbang tingkat kabupaten ini.

”Dalam musrenbang ini dibahas program pembangunan tahun 2018, sesuai dengan visi misi kepala daerah,” jelas Wan Rudi Iskandar.(Yusfreyendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here