Pelabuhan Dompak Dioperasikan untuk Mudik Lebaran!

0
833
RUSAK: Meski belum rampung dibangun dan belum dioperasikan, namun Pelabuhan Dompak sudah rusak. f-suhardi/tanjungpinang pos

DOMPAK – Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang diprediksi akan padat saat puncak arus mudik jelang Lebaran bulan depan.

Karena itu, makin banyak permintaan baik dari dewan dan masyarakat ke Dinas Perhubungan Pemprov Kepri agar mengoperasikan sementara Pelabuhan Dompak untuk keperluan arus mudik.

Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Azis Kasim Djou mengatakan, pihaknya siap mengoperasikan Pelabuhan Dompak jika itu permintaan masyarakat.

Ia mengakui, karena Pelabuhan SBP dalam tahap pembangunan dan menggunakan satu trestle, maka tidak menutup kemungkinan arus mudik akan penuh sejak.Sebab, penumpang hanya menggunakan satu testle saja baik penumpang domestik maupun internasional untuk keberangkatan dan kedatangan.

Baca Juga :  Arkeolog Teliti Peradaban Masyarakat Natuna

”Kita siap jika memang itu permintaan masyarakat. Karena pelabuhan itu dibangun untuk kebutuhan pelayanan masyarakat,” ujarnya, baru-baru ini.

Hanya saja, jika pelabuhan itu hendak dikelola, mereka minta ada surat dari Kementerian Perhubungan selaku pemilik aset gedung Pelabuhan Dompak.

”Semacam surat kelayakan dan surat pengoperasian. Kalau ada itu, kita bisa operasikan. Kalau tidak ada, kita tak berani mengoperasikannya,” tambahnya.

Soal kondisi pelabuhan yang sudah rusak, kotor dan belum ada listrik, Azis Kasim mengatakan, itu tidak terlalu masalah. Sebab, itu hanya sementara saja.

Ia mencontohkan, jika memang Pelabuhan Dompak dioperasikan, maka hanya turis domestik saja yang dilayani di sana. Sedangkan penumpang internasional tetap di Pelabuhan SBP.

Baca Juga :  KemenkumHAM Akui Lapas Natuna Ditolak Warga

”Kapal paling sampai pukul 17.30 saja. Masih terang itu. Setelah itu tutup. Bukannya perlu mesin untuk cap paspor atau pemeriksaan paspor. Yang penting surat kelayakan itu dulu yang ada,” tambahnya.

Sementara itu, GM PT Pelindo I Tanjungpinang pengelola Pelabuhan SBP, I Wayan Suryawan mengatakan, selama arus mudik nanti, mereka tetap menggunakan satu trestle. Sebab, trestle internasional belum bisa dipakai lantaran pekerja sedang membangun di gedung terminal. Karena itu, trestle akan sangat padat nanti. Ia sendiri setuju jika Pelabuhan Dompak bisa dipakai sementara selama arus muduk lebaran nanti.

Baca Juga :  Karakter Anak Dibentuk di TPQ

”Bagus itu,” katanya singkat via ponselnya.

Azis Kasim menjelaskan, pihaknya butuh surat dari Kementerian Perhubungan lantaran gedung Pelabuhan Dompak bukan aset Pemprov Kepri.Pengamatan Tanjungpinang Pos saat musim arus mudik selama beberapa tahun ini, Pelabuhan SBP cukup padat baik di lokasi parkirnya hingga trestle pelabuhan. Selama ini, trestle yang dipakai tetap dua yakni untuk penumpang domestik dan internasional. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here