Pelabuhan Kepri Terpadat Indonesia

0
807
Penumpang memadati ruang tunggu Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang. Kepri menjadi daerah terpadat penumpang saat arus mudik dan arus balik lebaran 2018. f-raymon/tanjungpinang Pos

Pelabuhan-pelabuhan penumpang di Kepri merupakan yang terpadat dalam melayani penumpang saat arus mudik dan balik lebaran 2018. Pelabuhan-pelabuhan di Kepri masuk kategori terpadat nomor satu hingga keempat.

TANJUNGUBAN – Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Batam merupakan yang tertinggi dengan jumlah total penumpang sebanyak 286.836 orang. Adapun pelabuhan-pelabuhan itu adalah, Punggur, Batamcenter, Sekupang dan lainnya.

Kemudian disusul oleh UPP Tanjung Balai Karimun sebanyak 188.802 orang dan Tanjungpinang sebanyak 160.915 orang. Arus penumpang mudik dan balik lebaran 2018 di tiga pelabuhan di bawah naungan UPP Tanjunguban Kabupaten Bintan menjadi yang terpadat ke empat di Kepri.

Tiga pelabuhan di bawah UPP Bintan itu yakni, Pelabuhan ASDP dan Pelabuhan Bulang Lingga Tanjunguban serta Pelabuhan Lagoi. Tiga pelabuhan laut yang berada di bawah UPP Bintan itu menjadi pelabuhan terpadat untuk jumlah penumpang keempat se-Indonesia dari 52 UPP yang ada.

Pelabuhan Tanjunguban mencatat jumlah penumpang sebanyak 102.985 orang dengan jumlah kedatangan sebanyak 51.612 orang dan keberangkatan 51.373 orang.

Tanjunguban sendiri yang merupakan pintu masuk pelabuhan laut strategis di Bintan berada di posisi keempat karena kini Pulau Bintan menjadi destinasi wisata populer di Indonesia setelah Bali dan Jakarta. Sehingga ribuan wisatawan asing banyak menghabiskan liburan lebaran di Bintan.

Bila dibandingkan dengan Tanjungpinang, pelabuhan Tanjunguban merupakan posisi yang sangat dekat dan cepat untuk menuju berbagai lokasi wisata di wilayah Utara Bintan. Banyak kendaraan pun masuk melalui Tanjunguban. Bahkan saat Lebaran, banyak kendaraan mengantre untuk datang dan berangkat dari Tanjunguban menuju Batam

Mamat Rahmat, Kepala Pos Pelabuhan Bulang Linggi mengatakan, jumlah penumpang tersebut berdasarkan perhitungan jumlah penumpang sejak H-15 dan H+5 pukul 12.00 WIB. ”Kami ada 3 pelabuhan, pertama Bulang Linggi dan ASDP di Tanjunguban dan Pelabuhan Bandar Bintan Telani (BBT) di Lagoi,” sebutnya, Kamis (21/6).

Ia menyebutkan, meski jumlah penumpang arus mudik dan balik sangat banyak, namun juga jumlah kunjungan wisawatan asing juga tinggi. ”Didominasi arus mudik dan wisatawan yang ke Bintan,” tambahnya.

Ia menambahkan, karena banyaknya jumlah penumpang, pihak UPP Tanjunguban terus meningkatkan pelayanan, keselamatan dan juga keamanan berlayar.

”Sampai saat ini kami nihil accident, kami akan pertahankan ini dengan memperhatikan aturan dan juga standar keselamatan yang ada,” tambahnya.(JENDARAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here