Pelabuhan Makobar Lebih Spesialis

0
635
CRANE saat mengangkat barang ke kontainer di Pelabuhan Batuampar, beberapa waktu lalu. f-martunas/tanjungpinang pos

Dikembangkan Tahun Ini, Disiapkan Sarana LCT

Pelabuhan Makobar Batuampar, Batam akan dikembangkan tahun ini. Dimana, disiapkan rencana pengembangan pelabuhan termasuk menyiapkan Landing Craft Tank (LCT) untuk mendaratkan tank ke pantai.

BATAM – Diperkirakan, untuk pengembangan Pelabuhan Makobar Batuampar tersebut akan menghabiskan sekitar Rp 2 sampai Rp 3 miliar.

”Kita ingin ada LCT untuk mendaratkan logistik. Nanti akan kita lihat ke amdalnya. Tapi Batam harus punya,” ungkap Kepala Kantor Pelabuhan BP Batam, Nasrul Amri.

Menurutnya, Pelabuhan Makobar di Batuampar, seharusnya memiliki spesialis. Pelabuhan yang bersebelahan dengan pelabuhan kontainer Batuampar itu harus memiliki kekhususan. Sehingga perlu menaikkan standarisasi pelabuhan.

”Tidak bisa hanya seperti sekarang. Kapal besar harus bisa sandar di sana. Makobar itu daerah teluk, jadi ombak tidak besar, sangat potensial,” katanya.

Disebutkannya, peruntukan Pelabuhan Makobar tetap seperti saat ini, sebagai pelabuhan untuk logistik. Termasuk untuk logistik properti. Tapi untuk memaksimalkan fungsinya, maka harus pembenahan pelabuhan, termaksud fasilitas yang ada.

”Banyak hal yang harus kita lakukan dalam melakukan revitalisasi pelabuhan. Termasuk gedung untuk gudang juga harus dibenahi,” bebernya.

Dengan demikian, aktivitas bongkar muat barang lebih maksimal dan memadai. Sehingga Makobar benar-benar bisa maksimal untuk menampung aktivitas kapal logistik yang bersandar.

”Ini penting kita perhatikan, karena kebutuhan. Apa lagi minggu lalu, ada kapal pengangkut granit dan material bangunan dari Tanjungpinang, hampir tenggelam di perairan Kabil, karena ombak,” jelas Nasrul.

Kondisi yang terjadi di dekat Pelabuhan Pertamina, Kabil diakui mendorong pihaknya segera mengembangkan Pelabuhan Makobar. Sehingga, konstruksi akan dibangun untuk bisa menampung aktivitas kapal bermuatan besar. ”Sehingga bisa menekan biaya logistik dari importir,” bebernya.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here