Pelabuhan Pelantar II Diresmikan Sebelum Pemilu

0
551
Satu kapal kargo antar provinsi berlabuh di Pelabuhan Pelantar II Tanjungpinang belum lama ini.f-raymon/tajungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Jamhur Ismail mengatakan, dua pembangunan pelabuhan baru, baik pelabuhan Pelantar II dan Pelabuhan di Penyengat akan diresmikan sebelum pemilu 17 April mendatang.

”Kita lagi menyusuaikan jadwal Pak Gubernur. Kita ingin Maret ini sudah diresmikan,” ujarnya.

Sambung dia, kalau tidak diresmikan pada Maret, tak mungkin diresmikan di April karena akan ada perhelatan pemilihan presiden dan pemilu legislatif. Meskipun belum diresmikan tapi pelabuhan Pelantar II sudah lama difungsikan. Sudah dijadikan pelabuhan bongkar muat sembako antar provinsi dan antar pulau.

Baca Juga :  Sabar Komit Seragam Gratis

”April kita menghadapi pemilu saya ingin Maret ini tapi lihat jadwal Pak Gubernur dulu,” kata Jamhur Ismail, belum lama ini di Gedung Daerah.

Menurutnya, Pelabuhan bongkar muat Pelantar II, meskipun belum diresmikan namun sudah fungsikan bagi para operator kapal. Kini, bngkar muat barang di pelabuhan tersebut tidak antre lagi. Berbeda sebelumnya sebelum dip erpanjang dermaganya.

Kini, bongkar barang sudah lancar dan tidak antre sebelum di bangun pelabuhan tersebut.

Panjang pelabuhan tersebut telah dibangun tahap pertama yakni 260 meter, Namun, Gubernur sendiri berkeinginan agar dermaga itu bisa dibangun hingga 450 meter.

Baca Juga :  Polsek Tanjungpinang Barat Silaturahmi Sambil Bersedekah

Namun, untuk biaya pembangunan lanjutan tahun 2019 tidak dianggarkan. ”Jelang puasa kita harapkan bongkar muat sembako di pelabuhan tersebut lancar,” ujarnya.

Sambung dia, tahun ini juga Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri memprioritaskan 3 unit Pembangunan Pelabuhan di Provinsi Kepri.

Adapun 3 unit pelabuhan itu, yakni Pelabuhan Parit Rempak di Karimun, Pelabuhan Tanjunguban di Bintan dan Pelabuhan baru di Lingga. Pemprov Kepri bangun tiga pelabuhan guna Percepatan pembangunan infrastruktur untuk peningkatan pelayanan bongkar muat barang.

Baca Juga :  Alumni SMA 1 Sediakan 20 Ton Beras

Alokasi anggaran untuk kegiatan tiga infrastruktur pelabuhan tersebut lebih kurang sekitar Rp50 miliar. Penyelesaian pembangunan Pelabuhan Parit Rempak di Karimun dan Pelabuhan Tanjunguban di Bintan memang sudah menjadi target pada 2019 ini.

”Pelabuhan dibangun untuk mempelancar arus bongkar muat barang,” bebernya. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here