Pelabuhan Pelantar II Rampung

0
63
Dua kapal bersandar di pelabuhan bongkar muat Pelantar II, Selasa (4/12). f-raymon/tanjungpinang pos

Pelabuhan bongkar muat di Pelantar II telah selesai. Kini sudah bisa di gunankan untuk bersandarnya kapal-kapal kargo dari antar pulau dan antar provinsi.

TANJUNGPINANG – Pelabuhan ini dibangun mengunakan dana APBD Peprov Kepri 2018. Tujuan dibangun pelabuhan tersebut supaya tidak terjadi antrean bongkar muat yang cukup panjang. Mempercepat distribusi sembako atau bongkar muat barang dari luar daerah maupun sebaliknya. Pembangunan dermaga itu hingga 260 meter. Namun, pembangunan dermaga itu belum rampung dari yang direncanakan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun.

Nurdin sendiri berkeinginan agar dermaga itu bisa dibangun hingga 450 meter.

Pantauan Selasa (4/12), tampak dua kapal kargo yang cukup besar, sudah melakukan lego jangkar di samping pelabuhan. Pelabuhan ini su dah dioperasikan tapi belum diresmikan oleh pemerintah provinsi Kepri.

Pelabuhan ini tanpak lebih lebar dibandingkan sebelumnya. Di pelabuhan ini diperkirakan bisa bersandar 5 sampai 6 kapal berbobot sehingga kapal-kapal dari luar yang membawa barang ke Tanjungpinang sudah bisa merapat ke pelabuhan dan untuk membongkar muatan.

Selain pelabuhan bongkar muat di tata juga pelabuhan penyembrangan antar Tanjungpinang dan Kampung Bugis juga di perbaiki seperti terpasangnya pembatas dan pemegang untuk para penumpang turun ke boat. Tono penambang mengatakan kalau sekarangpelabuhan bongkar muat sudah canti.

Aktivitas bongkar muat barang lancar tidak antre lagi. Dampaknya, arus barang serta pertumbuhan ekonomi akan meningkat. ”Sekarang ada dua kapal yang bersandar, nanti mungkin bisa lebih banyak lagi aktivitas di pelabuhan,” katanya Selasa (4/12).

Dengan rampungnya pelabuhan bongkar muat tersebut, kata dia bisa menaikan perekonomian di Tanjungpinang. ”Berharap berdampak pada kita, banyak orang yang menyewa boat untuk menyebrang,” ujarnya.

Rencananya pelabuhan bongkar muat ini akan di menyatukan antara Pelantar II dengan Pelantar I. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here