Pelabuhan Pemkab Sudah Bisa Digunakan

0
614
Pelabuhan: kapal kargo saat bongkar muat di pelabuhan milik Pemda di Kelurahan Letung, Jemaja F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

Anambas – Pelabuhan milik pemda boleh untuk penumpang umum. Bahkan, pihak Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas Norman mengaku Pemkab suah menyurati para pengusaha feri agar armaa mereka bersandar di Pelabuhan pemkab saja dan jangan lagi sandar di pelantar milik masyarakat di Kelurahan Letung Kecamatan Jemaja.

Selama ini feri masih menumpang sandar di pelantar milik masyarakat dan terkadang di pelabuhan Pelni di pulau Berhala, Anambas.

Diakuinya, selama ini kapal feri yang melayani dari rute pelabuhan Sri Bintan Pura menuju pelabuhan Letung bersandar di pelantar milik masyarakat, karena pelabuhan milik pemda masih dalam tahap pembangunan. Namun, saat ini pelabuhan tersebut sudah bisa digunakan.

”Kita pemda sudah menyurati pengusaha kapal feri agar memanfaatkan pelabuhan milik pemda,” kata Kadishub & LH Norman, Kamis (9/2).

Kata Norman, ia khawatir kalau pelantar milik masyarakat yang terbuat dari kayu akan cepat rusak kalau sering disandari oleh feri berukuran besar.

”Karena pelantarnya dari kayu jadi tidak layak dijadikan pelabuhan. Kalau untuk sementara masih bisa dimaklumi walaupun resikonya sangat tinggi. Alhamdulilah, sejauh ini tidak ada kejadian atau musibah yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Pihaknya juga akan menyiapkan fasilitas pendukung lainnya yang menjadi kebutuhan di pelabuhan pemda seperti ruang tunggu. Perencanaan kegiatan tersebut sudah disampaikan ke pihaknya melalui musrenbang kecamatan beberapa hari yang lalu.

Selain dari ruang tunggu yang disampaikan masih ada yang lainnya yakni pelabuhan terapung untuk sandar kapal feri ketika air laut surut dan perlu diperluas kedalaman alur lintas bagi sejumlah kapal.

Hal itu akan menjadi pertimbangan oleh pemerintah daerah jika tidak memiliki anggaran membangunnya agar diusulkan anggaran Pemprov kepri atau anggaran dari pemerintah pusat saja.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here