Pelabuhan Perintis Minta Ditinjau

0
158
PELABUHAN Pulau Laut yang belum diresmikan kini sudah terasa bergoyang jika dilalui dan diduga konstruksinya tidak memenuhi syarat f-hardiansyah/tanjungpinang pos
Kondisi Pelabuhan Perintis di Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut harus ditinjau ulang oleh dinas terkait. Pasalnya, struktur bangunan pelabuhan dinilai asal-asalan dan terasa bergoyang.

NATUNA – Hal ini tentu membuat warga yang berada di pelabuhan penasaran, dan khawatir akan kekuatan struktur bangunan tersebut.

Camat Pulau Laut, Sudirman membenarkan hal itu. Bahwa, pelabuhan yang panjangnya sekitar 50 meter konstruksi bangunannya bergoyang. Bahkan, hal itu dapat dilihat dengan jelas saat berada di pelabuhan.

Dengan kondisi tersebut, Sudirman mengaku sudah melaporkan kepada dinas Perhubungan Natuna agar dapat ditindaklanjuti.

”Betul, yang goyang itu di bagian tengah pelabuhan. Sekitar 50 meter bagian yang goyang itu,” ujar Sudirman, Senin (18/3).

Ia menyebutkan, proyek lanjutan pembangunan pelabuhan Perintis itu dibangun tahun 2018 lalu oleh Kementerian Perhubungan Dirjen Perhubungan Laut dengan pagu anggaran Rp40,8 miliar.

Dengan pelabuhan tersebut, akan mempermudah proses naik turun penumpang dan barang di Pulau Laut.

Sambil menunggu diresmikan, pelabuhan itu kini menjadi tempat warga bersantai saat sore hari.

Pelabuhan itu, hingga kini juga belum bisa disandari kapal barang dan sejenisnya.

”Kapal barang masih sandar di pelabuhan lama. Sedangkan, kapal Perintis seperti KM Sabuk Nusantara masih lego jangkar di laut,” pungkas Sudirman.

Pulau Laut yang posisinya paling terluar, keberadaan pelabuhan sangat diperlukan untuk mendukung pasokan pangan dan lainnya melalui kapal.

Bahkan, belum lama ini Bahan Bakar Minyak (BBM) di pulau paling utara itu langka karena pasokannya terhambat.

Untuk itu, dengan pagu Rp40,8 miliar itu dinilai tak sesuai dengan kondisi pelabuhan yang mudah goyang saat dilalui.

Karena dikhawatirkan akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, makan ada baiknya pelabuhan itu perlu dilakukan pengecekan untuk strukturnya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here