Pelabuhan SBP Mulai Dipadati Pemudik

0
287
PENUMPANG antarpulau memadati pelabuhan Sribintan Pura (SBP) Tanjungpinang, pada saat angkutan mudik, Selasa pagi kemarin. f-istimewa

TANJUNGPINANG – PELABUHAN Sribintan Pura (SBP) mulai dipadati para penumpang yang ingin mudik lebaran. Namun, lonjakan penumpang di pelabuhan domestik ini, tidak mempengaruhi pelayanan di pelabuhan.

Petugas KSOP Tanjungpinang Yansen Marlan menyebutkan, sejauh ini arus mudik di Pelabuhan SBP belum begitu meningkat. Tapi, pelabuhan sudah mulai digunakan bagi pemudik antarpulau.

”Hari ini (kemarin, red) ada mudik gratis dengan 2 armada kapal Tol Laut, untuk angkutan antarpulau. Jadi sudah tampak ramai yang ingin mudik,” kata Yansen, di sela pengawasan kapal, pagi kemarin.

Lanjutnya, puncak lonjakan penumpang arus mudik diprediksikan terjadi 4 hari sebelum lebaran (H-4). Karena, para ASN sudah mulai libur kerja. Pihak pelabuhan sudah mempersiapkan pelayanan, agar semuanya berjalan lancar.

Yansen menyebutkan, pengecekan kelayakan kapal itu hampir setiap hari dilakukan, sebelum berangkat juga berkoordinasi dengan BMKG, untuk mengetahui kondisi cuaca daerah keberangkatan dan tujuan.

”Apabila ada himbauan tentang cuaca yang tidak memungkinkan, akan kita tunda sementara keberangkatan kapal. Itu demi keselamatan para penumpang,” jelasnya.

Menurutnya, untuk tujuan Batam pada saat tahun lalu biasa saja, tapi antarpulau yang paling banyak. Bahkan keberangkatan juga menambah satu trip kapal. Sama seperti lebaran Idul Fitri, tahun lalu. ”Tahun ini, tidak menutup kemungkinan bakal ada penambahan kapal,” ujarnya. (RAYMON-YENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here