Pelabuhan Selesai, Tapi Tak Difungsikan

0
858
Penumpang: Penumpang Pelni terpaksa naik pompong untuk dibawa ke Kapal Pelni yang berlabuh di tengah laut. f-hardiansyah/tanjungpinang pos

Natuna – Kementerian Perhubungan telah membangun beberapa pelabuhan di pulau-pulau terluar. Salah satu fungsinya untuk membuka akses ke daerah lain.

Tahun lalu, Pemerintah menganggarkan dana lebih dari Rp 200 miliar untuk pembangunan Pelabuhan di antaranya Pulau Midai, Pulau Serasan, Pulau Laut, Pulau Subi dan pelabuhan lainnya.

Salah satu pelabuhan yang sudah selesai dibangun adalah Pelabuhan Pulau Serasan Kabupaten Natuna.

Pelabuhan Pulau Serasan dibangun sejak 2012 dan rampung pada pertengahan 2016. Namun, sampai saat ini masih belum bisa dioprasikan.

Camat Serasan Edi Priyoto berharap pelabuhan ini dapat digunakan secepatnya.

“Kita bersyukur pelabuhan telah selesai 100 persen. Tinggal merapikan jalan menuju ujung pelabuhan. Yang terpenting bagi masyarakat adalah pelabuhan itu bisa digunakan,” katanya di Gedung Sri Serindit, Ranai, kemarin.

Pembangunan pelabuhan juga diharapkan bisa menambah keselamatan penumpang, yang selama ini harus turun dan naik kapal di tengah laut setelah menyambung dengan kapal kecil.

Sampai saat ini masyarakat masih menunggu kepastian kapan Pelabuhan tersebut beroprasi.

“Saya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai hal tersebut. Namun belum ada jawaban pasti,” Kata Camat Serasan.

Sementara Bupati Natuna, Hamid Rizal mengatakan Pelabuhan Serasan segera akan dioperasikan dalam waktu dekat.

“Tidak ada masalah lagi, itu hanya menunggu peresmian saja,” ucapnya Jumat lalu.

Kabar pengoprasian pelabuhan tersebut jadi buah bibir masyarakat. Namun penumpang kapal besar masih harus naik kapal di tengah laut.(Herdiansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here