Pelajar Dialog dengan Dewan

0
704
USULKAN: Seorang pelajar saat mengusulkan perbaikan gedung kepada anggota DPRD Natuna pada acara Jambore Anak 2017, kemarin. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Puluhan peserta Jambore Anak Natuna, ikuti audiensi bersama anggota dewan di Gedung DPRD Natuna, Rabu (13/9). Kegiatan Jambore Anak Natuna tersebut, digelar oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Pemerintah Kabupaten Natuna. Kedatangan puluhan anak tersebut, disambut oleh Ketua DPRD Natuna Yusripandi, Wakil Ketua II DPRD Natuna Daeng Amhar dan sejumlah anggota dewan lainnya.

Setibanya di kantor DPRD, mereka langsung menggelar audiensi di ruang rapat paripurna DPRD yang dipimpin oleh Yusripandi. ”Kami ingin anak-anak mengetahui tata pemerintahan secara eksekutif dan legislatif. Dan kami juga ingin mereka mengenal wakil-wakilnya di DPRD,” kata Kartina Riauwita, Kepala Dinsos PPA dan KB Pemkab Natuna, kemarin.

Baca Juga :  HUT Satpol, Hamid Sindir Pegawai yang Terlambat

Mereka berjumlah 72 orang yang terdiri dari murid SMP sederajat dan SMA sederajat. Mereka berasal dari 15 Kecamatan, yang ada di Kabupaten Natuna. ”Semua anak-anak dari kecamatan hadir, kecuali kecamatan Subi karena ada kendala yang tak bisa diatasi,” sambung wanita yang akrab disapa Tina.

Ketua DPRD Natuna Yusripandi dan anggota dewan lainnya menyambut baik kehadiran mereka. Ia mengaku bangga didatangi oleh anak-anak, selaku generasi bangsa itu. ”Kami senang sekali didatangi oleh anak-anak kami. Saya ingatkan jangan ada yang tegang-tegang di ruangan ini, silahkan sampaikan apa yang mau disampaikan. Kami anggota dewan akan mendengar, dan berupaya menjalankannya,” kata Yusripandi.

Baca Juga :  Insentif Kecil, Wilayah Pulau Kekurangan Dokter

Pelajar yang hadir dipersilahkan untuk menyampaikan keinginan, dan segala uneg-unegnya melalui mimbar paripurna. ”Siapa saja yang mau ngusul atau menyampaikan pendapat, silahkan naik ke atas podium,” seru Yusripandi.

Murid-murid sekolah yang masih polos itu pun silih berganti menyampaikan pendapat dan sarannya melalui podium. Berbagai usulan pun mengemuka seperti pembangunan sekolah untuk penyandang disabilitas, perbaikan jalan, pengadaan laboratorium, internet gratis dan lain sebagainya. ”Kami ingin jadi orang pandai, makanya kami mau sarana pendidikan dilengkapi,” usul Liza salah seorang peserta Jambore.

Setelah itu, Yusripandi langsung memberikan kesempatan kepada anggota dewan melalui perwakilan komisi untuk menjawab saran dan usulan pelajar-pelajar itu. Seluruh anggota dewan mengapresiasi semangat anak-anak itu karena mereka terlihat pandai dan berani. ”Kami bangga punya generasi seperti kalian. Kami juga kagum dengan keberanian kalian yang telah tanpa sungkan maju, berdiri dan berorasi melalui podium itu. Ini sebuah keberanian yang luar biasa, tak sembarang orang bisa berbicara di situ. Semua saran dan harapan kalian, akan kami upayakan untuk dipenuhi,” ungkap Raja Marzuni dari Komisi I DPRD. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here