Pelajar Hinterland Dibekali dengan Ilmu Komunikasi Sosial

0
135
LANTAMAL IV Tanjungpinang menggelar kegiatan Komsos untuk pelajar SMA di SMA Negeri 10 Sijantung, Galang, Batam. f-istimewa

GALANG – Sebanyak 200 orang pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 10 Cijantung Pulau Galang-Batam mengikuti kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) yang digelar di Aula SMA Negeri 10 Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang Kepri, Senin (26/8) lalu.

Kegiatan ini digelar dalam rangka kegiatan non fisik Operasi Teritorial (Opster) TNI Galang 01 TA/2019 dengan sasarannya para pelajar SMA.

Dimana sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan yang sama oleh SMA Negeri 15 Nongsa Batam bulan yang lalu.

Pada kegiatan Komsos di SMA Negeri 10 Sijantung ini, diberikan beberapa materi yang dapat mendukung kegiatan pelajar SMA.

Materi yang disajikan yaitu pertama tentang kesehatan disampaikan oleh Letda Laut (K/W) Dr. Destri dari Balai Kesehatan Lanal Batam.

Lalu yang kedua penyuluhan hukum oleh Mayor Laut (KH) Krisno Hadi Susanto, S.H dari Diskum Lantamal IV.

Setelah pemberian materi yang kedua dilanjutkan materi tentang mengatasi berita hoax, oleh Wakasat Reskrim AKP Hari Pramono, S.H., S. Ik Polres Barelang dan yang terakhir materi bela negara oleh Letkol (KH) Harazi, S.Ag., M.M., dari Spotmar Lantamal IV.

Acara tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu disusul sambutan Dansatgas Non Fisik Kolonel Laut (P) Arief Meidyanto yang disampaikan oleh Pabanren Puanpotmar Spotmar Lantamal IV Letkol Laut (KH) Drs. Heri Samudra.

Pemberian bahan kontak berupa peralatan olahraga, penyampai materi dan ditutup dengan menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

Dalam sambutannya, Dansatgas Non Fisik Kolonel Laut (P) Arief Meidyanto yang disampaikan secara lisan oleh Letkol (KH) Drs Heri Samudra mengatakan, bahwa perkembangan zaman semakin berat untuk pelajar.

Sebagai generasi muda, maka harus kuat dan semangat sehingga kita tidak tergilas oleh perkembangan zaman yang sangat cepat.

”Gantungkan cita-citamu setinggi-tingginya serta selalu menghormati orangtua. Sehingga harapan untuk menjadi pemimpin di masa depan dapat terwujud,” tegas Letkol (KH) Heri Samudra.

Lebih jauh dikatakan Pabanren Puanpotmar Spotmar Lantamal IV Tanjungpinang ini, sebagai pemuda harapan bangsa, pemuda harus handal dalam menjaga dan membangun negara dengan ketulusan hati serta tekad yang kuat demi tegaknya NKRI.

Di tempat yang sama, Kepala SMA Negeri 10 Heny usai acara Komsos berharap, manfaatkan kesempatan ini dengan sebagaik-baiknya karena tidak semua yang dapat mengikuti kegiatan ini.

”Jadikan kegiatan ini sebagai bekal buat kalian pribadi, lalu kepada teman-teman dan keluarga,” pungkasnya.

Sebagai informasi dalam kegiatan Komsos ini, Satgas Non Fisik memberikan bingkisan kepada sekolah berupa peralatan olahraga yaitu 1 set meja tenis dan sepasang bet berikut bolanya, 1 set net dan 1 buah bola voli serta 1 set net dan 2 buah bola sepak takraw.

Ada beberapa cara menangkal berita bohong (hoax) yakni, hati-hati dengan judul provokatif. Berita hoax seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu.

Isinya pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax.

Cermati alamat situs. Untuk informasi yang diperoleh dari website atau mencantumkan link, cermatilah alamat URL situs dimaksud.

Apabila berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi -misalnya menggunakan domain blog, maka informasinya bisa dibilang meragukan.

Periksa fakta. Perhatikan dari mana berita berasal dan siapa sumbernya? Apakah dari institusi resmi seperti KPK atau Polri? Sebaiknya jangan cepat percaya apabila informasi berasal dari pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat. Cek keaslian foto. Di era teknologi digital saat ini, bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi, melainkan juga konten lain berupa foto atau video.

Ikut serta grup diskusi anti-hoax. Di Facebook terdapat sejumlah fanpage dan grup diskusi anti hoax. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here