Pelajar Hinterland Disediakan Pompong

0
621
PEMUKIMAN: Salah satu wilayah pemukiman masyarakat di pelantar, Kecamatan Senayang. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Pemerintah Kabupaten Lingga siapkan enam pompong sebagai sarana transportasi anak-anak hinterland bersekolah. Hal ini untuk mempermudah anak-anak di pulau yang tidak memiliki sekolah untuk melanjutkan pendidikan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, Kasiman, kemarin.

”Enam pompong akan disiapkan Pemkab Lingga untuk menambah sarana transportasi anak-anak di daerah pesisir yang di daerahnya tidak mungkin dibangun sekolah,” kata Kasiman.

Dijelaskannya, di beberapa pulau di Kabupaten Lingga tidak mungkin dibangun sekolah karena tidak memenuhi kriteria wajib dibangun sekolah.
Kondisi ini menyebabkan anak hinterland yang bersangkutan harus meneruskan sekolah di pulau lain.

”Solusinya kami akan siapkan pompong untuk transportasi ke pulau terdekat yang ada sekolah,” sebutnya. Disdik Lingga akan melakukan penilaian pulau, atau daerah mana yang paling membutuhkan pompong bantuan.

Meski enam pompong ini belum bisa memenuhi sarana transportasi seluruh pulau yang membutuhkan, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki. ”Nanti dilihat pulau mana yang paling membutuhkan, disitu akan kita letak,” katanya.

Ia berharap, upaya penyediaan sarana transportasi bagi para pelajar tersebut dapat memberi dampak baik pada peningkatan minat belajar generasi muda Indonesia di Kabupaten Lingga. Selain upaya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, Disdik Lingga juga menyiapkan program masuk sekolah gratis di tingkat SD dan SMP Negeri se Kabupaten Lingga.

”Program gratis biaya masuk sekolah pada tahun ajaran baru Juli 2017 mendatang, sekaligus menjawab kelemahan ekonomi orangtua yang kesulitan membiayai pendidikan anaknya di Lingga,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here