Pelajar Mesti Punya KTP

0
205
Kepala Disdukcapil Tanjungpinang, Irianto memperlihatkan KTP elektronik milik masyarakat Kota Tanjungpinang yang sudah dicetak, tinggal diambil. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINNAG – Jemput bola untuk rekaman KTP-el ke sekolah maupun kampus mulai Kamis (27/12) mendatang. Disdukcapil akan menempatkan alat perakam KTP-el di sekolah maupun kampus saat jam kerja.

Pelayanan jemput bola tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan terhadap masyarakat agar memiliki identitas kependudukan. Hingga kemarin, masih ada 5 ribu warga Tanjungpinang belum melakukan perekaman KTP-el. Di antaranya, pemilih pemula ada 3.000 yang berumur 17 tahun pada 17 April 2019. Ada 1.000 masyarakat sudah berumur 23 tahun ke atas tapi belum melakukan rekaman KTP-el. Masih ada 1000 warga memiliki KTP SIAK tapi mereka belum mau mengantikan KTP menjadi KTP-el.

”Insya Allah kita akan melakukan perekaman KTP elektronik sistem jemput bola ke sekolah dan kampus. Karena ini berdasarkan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto kepada Tanjungpinang Pos di Kantor Walikota Tanjungpinang di Senggarang, Rabu (19/12).

Rencananya, Disdukcapil Kota Tanjungpinang akan menerapkan sistem jemput bola perekaman KTP-el di kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, STAI Miftahul Ulum, UMRAH, STIE Pembangunan dan kampus lainnya berada di wilayah Kota Tanjungpinang.

Menurutnya, karena masih sebagian peserta didik yang sudah cukup umur 17 tahun bahkan sampai 23 tahun, belum juga memiliki kesadaran penting administrasi kependudukan. Salah satunya melakukan perekaman KTP-el.

Padahal, kata dia, pemerintah pernah menyampaikan hingga akan memberikan sanksi tegas kepada masyarakat berusia 23 tahun, tapi belum melakukan perekaman KTP-el, maka data kependudukan miliknya akan diblokir. Agar data milik masyarakat tersebut tidak bisa digunakan.

”Sayangkan, data kependudukan kita di blokir oleh pemerintah. Makanya, mari kita lakukan perekaman KTP-el sebelum diblokir data milik kita,” ucap dia.

Ia berharap, sebelum kegiatan jemput bola, server milik Disdukcapil Kota Tanjungpinang sudah dipasang oleh teknisi dari Kemendagri melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil. ”Kita upayakan, server kita sudah di pasang. Agar kita bisa lakukan jemput bola perekaman KTP-el. Kata dia, saat perekaman di sekolah dan kampus, ia berharap agar dimanfaatkan dengan baik,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here