Pelajar Pulau Harus Dibekali Life Jacket

0
43
PERSONEL Polsek Siantan sedang melaksanakan patroli keamanan ke pulau-pulau kecil di wilayah hukumnya. f-dokumen/tanjungpinang pos

Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas harus tetap memperhatikan keselamatan dengan memberikan life jacket bagi ratusan pelajar terutama yang berangkat ke sekolah dengan menggunakan kapal pompong.

ANAMBAS – Apalagi tidak sedikit pelajar, yang sehari-harinya berangkat ke sekolah dengan pompong laut. Contohnya, sebagian pelajar SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Anambas.

Sebagian pelajar kedua sekolah tersebut berangkat dengan kapala pompong PP setiap harinya.

Ketika dilakukan pantauan, bisa dilihat tidak semua pompong jemputan anak sekolah tersebut dilengkapi dengan jaket pelampung keselamatan (life jacket).

Hanya angkutan yang dari Tarempa saja, yang sudah memiliki life jacket meski tidak pernah terlihat dipakai.

Sementara itu, bahaya selalu mengintai pelajar-pelajar tersebut selama menaiki pompong seperti gelombang tinggi yang disertai angin.

”Kalau jemputan yang dari Tarempa sudah lengkap, tapi kalau yang di pulau-pulau kita akan ingatkan kembali,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Andi Agrial, kemarin.

Untuk meningkatkan keamanan di laut, pihaknya mengupayakan agar tahun depan ada pengadaan life jacket kemudian dibagikan kepada pemilik pompong.

”Kita upayakan tahun depan ada pengadaan life jacket,” ungkapnya lagi.

Menurutnya, untuk jumlah pompong yang mengangkut anak sekolah kurang lebih ada sekitar 22 pompong.

Mereka butuh life jacket saat melaut, dan diakuinya sebelumnya mengenai angkutan siswa-siswi tersebut berada di Dinas Pendidikan.

Namun, sekarang ditangani oleh Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup.

Oleh karena itu, beberapa hari yang lalu mereka mengadakan pertemuan di ruang rapat Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas.

Luasnya wilayah lautan, tentunya sangat riskan bagi masyarakat yang sehari-hari mencari nafkah di laut. Sebab, laut di Anambas merupakan laut lepas yang berbahaya jika angin berhembus kencang. Keselamatan tentulah menjadi yang utama. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here