Pelajar Pun Ikut Nimbrung di Goro TMMD Pengudang

0
329
TNI, Polri dan masyarakat saat goro proyek TMMD ke-103 di Desa Pengudang, Kecamatan Teluk Sebong,, Bintan,, Sabtu (20/10/2018).

BINTAN – Pengerjaan infrastruktur oleh TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-103 Kodim 0315/Bintan di Desa Pengudang, Bintan pada Sabtu (20/10/2018) baru memasuki hari ke-7. Namun, pengerjaan proyek pembuatan jalan sudah rampung sekitar 85 persen. Selain semak dan tebing sudah selesai dibersihkan di jalan sepanjang 4,05 kilometer, pemasangan gorong-gorong juga sudah rampung. Pemasangan, batu miring di sisi jalan yang berupa rawa juga sudah selesai 50 persen. Selain itu rawa sepanjang 1,05 kilometer yang mesti ditimbun sudah diratakan sepanjang 600 meter.

Menurut Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 033 Wira Pratama Mayor Oki, pemasangan batu miring memang perlu kehati-hatian, karena batu miring itu posisinya di tanah yang berair atau rawa. “Makanya perlu pembuatan cerucut, untuk membantu kekuatan batu miring serta, agar ketahanan batu miring lebih terjamin,” ujar Mayor TNI yang juga sarjana konstruksi ini saat mendampingi sejumlah wartawan yang datang ke lokasi TMMD, Sabtu (20/10/2018) pagi.

Untuk pemasangan batu miring juga, sambungnya, perlu memperhatikan kekerasan posisi batu yang berada di bawah, untuk menghindari terjadinya pergeseran batu di semen yang belum mengering.

“Untuk batu miring yang tingginya 1,5 meter sudah 25 meter yang terpasang,” sebutnya.
Sementara itu, pihak Kodim 0315/Bintan mengapresiasi dukungan masyarakat setempat dalam membantu program TMMD ke-103 di Pengudang Kecamatan Teluk Sebong ini.
“Jumlah yang ikut gotong-rotong semakin banyak. Apa lagi saat hari libur. Pelajar yang libur sekolah banyak yang membantu, demikian juga dengan mahasiswa yang ambil peranan dalam agenda TMMD yang sedang membangun desa mereka ini. Karang tarunanya juga ikut aktif membantu. Dengan jumlah tenaga yang lebih banyak, tentu pekerjaan yang akan lebih cepat selesai,” kata Dandim Kodim 0315/Bintan, Letkol I Gusti Bagus Putu Wijangsa.

Rencananya, sambung Dandim, TMMD ke-103 di Pengudang ini akan berlangsung sebulan. Selain pengerjaan fisik, ada beberapa program lain yang akan dilaksanakan selama TMMD.
Dari pantauan Tanjungpinang Pos, Sabtu pagi, ada 131 orang yang ikut gotong-rotong dalam pengerjaan jalan raya di Penggundang. Masing-masing terdiri dari TNI AD, AL, AU dan polisi serta masyarakat setempat. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here