Pelajar SD Pentaskan Batik Motif Kerang, Bupati Kagum

0
49
SEORANG pelajar membuat batik kerang di kain putih, pada saat bupati meninjau pentas seni dan budaya, di gedung Comunity Centre Tanjunguban, Kamis (10/5). f-istimewa

TANJUNGUBAN – Sejumlah pelajar Sekolah Dasar mementaskan cara membuat batik kerang dengan bahan dari barang bekas, pada saat pentas seni dan budaya tingkat pelajar di gedung Community Centre, Tanjunguban, Kamis (10/5) kemarin. Kreativitas murid SD ini membikin Bupati Bintan H Apri Sujadi kagum, serta mendapat apresiasi dari DPN Srikandi Pemuda Pancasila.

Veni selaku pembina sanggar Kerajinan Kerang Kencana menuturkan, murid sekolah dasar tersebut dilatih dan diajarkan membatik dengan motif kerang, di saat waktu senggang. Seperti hari Sabtu dan Minggu. Saat ini ada sekitar 20 orang murid SD dan SMP di Kecamatan Sri Kuala Lobam yang dilatih membatik motif kerang itu.

”Sekitar 20 orang pelajar ini kita berikan pelatihan dengan jasa instruktur batik Indonesia. Lokasinya di Lobam Mas Asri, Blok H nomor 2, Desa Teluksasah,” ujar Veni.

Veni mengungkapkan, hasil kerajinan batik yang dihasilkan pelajar itu seperti taplak (alas) meja, kerajinan tas dan bahan baju dan jenis kreativitas lainnya. Bahan baku seperti tinta dan kain batik, didatangkan dari Jogjakarta.

Aura murid kelas 6 SDN Kecamatan Sri Kuala Lobam mengatakan, dirinya sangat senang karena bisa belajar dan berkreasi dalam membatik. ”Rasanya senang dan gampang dalam membatik. Sehari bisa buat 2 sampai 3 kain batik motif kerang, dengan ukuran 30×25 sentimeter,” sebut Aura.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, pengembangan bakat dan kreativitas siswa memang harus dimulai dengan hal-hal yang berinovasi. Karena, inovasi dan pembinaan bakat siswa itu sangat penting, guna kemajuan generasi bangsa. ”Kreativitas mereka sangat hebat. Masih kecil, namun sudah pintar membatik,” tutur H Apri Sujadi.

Dikunjungi DPN Srikandi PP
Stan bazar di ajang pentas seni dan budaya tingkat pelajar di gedung Community Centre itu, turut dikunjungi Ketua Umum DPN Srikandi Pemuda Pancasila Hj Sarimaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan Srikandi Pemuda Pancasila Bintan, sebagai rangkaian memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Bagi H Apri Sujadi, kegiatan yang dilakukan oleh Srikandi Pemuda Pancasila ini merupakan bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Bintan. Untuk kemajuan satu daerah dan bangsa, diperlukan sinergitas dukungan dan kerja sama semua leading sector.

”Saat ini kita memiliki program bantuan seragam sekolah gratis, program transportasi sekolah gratis. Untuk kemajuan pendidikan daerah, diperlukan sinergisitas, kerja sama, serta membangun ide dan gagasan bersama,” harapnya.

Ketua Umum DPN Srikandi Pemuda Pancasila Hj Sarimaya merasa bangga atas kepedulian Pemkab Bintan Bintan di bidang pendidikan. Program bantuan seragam sekolah gratis dan transportasi sekolah gratis yang digagas oleh Bupati Bintan ini, menjadi contoh yang bisa diaplikasikan di tingkat nasional. ”Bahwa ini merupakan satu bentuk kepedulian bagi kemajuan dunia pendidikan, dari kita bersama,” tutupnya. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here