Pelajar Tambelan Diliburkan sampai Kondisi Membaik

0
136
Tamsir, S.Si., M.Si Kadisdik Bintan.

BINTAN – Pelajar di Kecamatan Tambelan masih diliburkan, akibat dampak kabut asap kiriman dari Kalimantan Barat. Pelajar kembali masuk sekolah, sampai kondisi cuaca membaik.

“Dari hasil pengecekan tim Dinkes, kondisi kabut asap di Tambelan, itu parah. Makanya, pelajar di Tambelan, kita liburkan, sejak Rabu lalu. Kamis pun masih libur,” kata Tamsir SSi MSi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Kamis (19/9) kemarin.

“Kita belum pastikan, sampai kapan pelajar sekolah di Tambelan ini libur. Ya, sampai kondisi membaik lah,” sambungnya.

Tamsir mengatakan, sekolah yang diliburkan di wilayah Kabupaten Bintan, hanya berada di wilayah Kecamatan Tambelan. Sedangkan di sembilan kecamatan lainnya, masih menunggu hasil evaluasi dari Dinas Kesehatan Bintan.

“Apabila dalam kondisi berbahaya, kita liburkan juga di kecamatan lain. Untuk sementara ini, siswa kita anjurkan untuk memakai masker ketika berangkat ke sekolah,” tambah Tamsir.

Sementara, kabut asap atau jerebu kiriman kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera ke Bintan, tak hanya mengganggu kesehatan. Namun mempengarugi jarak pandangan. Seperti di jalan Lintas Barat yang menghubungkan banyak wilayah di Bintan ini, terkena dampak kabutnya. Biasanya pandangan pengendara dapat melihat pemandangan di sepanjang jalan, kini tidak demikian. Bahkan Gunung Bintan yang kerap dipandang, kini hilang.

Seperti di Jalan Busung, Kuala Sempang hingga Penaga. Tebalnya asap kabut membuat daratan tertinggi di Bintan itu tidak terlihat. Padahal biasanya Gunung Bintan merupakan pemandangan yang sangat indah, apalagi saat pagi hari.

Fandy, seorang pengendara dari Tanjunguban menuju Tanjungpinang membenarkan hal tersebut. Ia bahkan terkejut saat jarak pandang sudah menutupi gunung Bintan tersebut.

“Pas sudah lewat Jembatan Busung dari Tanjunguban, biasanya kan sambil jalan memandang Gunung Bintan di hadapan, kini sejak asap tak tampak lagi,” katanya, Kamis (19/9), yang juga disampaikan pengendara lain Jean. (fre/aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here