Pelajari Dasar Bisnis Amerika di Natuna

0
89
DUBES AS Donovan persiapan menyelam di perairan Alif Stone Natuna, Rabu (7/11) sore. f-istimewa

NATUNA – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan menghabiskan waktunya selama dua hari di Natuna.

Selain bertemu pejabat daerah, juga beraktivitas di laut. Donovan juga mempelajari dasar bisnis yang bisa dilakukan investor Amerika ke depan di Natuna.

”Saya datang ke Natuna untuk belajar lebih banyak tentang Natuna. Untuk mengetahui potensinya sebagai dasar bisnis Amerika ke depannya di Natuna,” ujarnya di Gedung Sri Srindit Ranai, Rabu (7/8) malam.

Ia mengatakan, Amerika Serikat dan Indonesia memang belum memiliki kerja sama kemitraan maritim di Indonesia bagian barat. Kerja sama Amerika baru terjalin di Indonesia bagian timur, persisnya di Papua Barat dan Maluku Utara.

Kedua negara ini memiliki kerja sama maritim melalui kemitraan investasi, perdagangan, program keamanan dan lingkungan.

”Saat kita semua berkumpul di Natuna yang memiliki rute pengiriman barang internasional yang menghubungkan banyak negara di Indo pasifik, tentu saja kemitraan strategis Indonesia dan AS juga terjadi di Natuna, Kepri dan Indonesia bagian barat,” sebutnya.

Namun begitu, ia menolak membahas banyak perihal kerja sama kemitraan laut, investasi dan hal-hal lain yang berkenaan dengan Natuna. Karena kedatangannya kali ini bukan untuk hal yang dimaksud.

Ia mengungkapkan kebanggaannya dapat hadir di Natuna yang memiliki potensi yang besar dan indah.

”Hari ini saya berkesempatan untuk menyelam di bawah laut, di bawah alam Natuna yang indah. Saya dapat menyaksikan langsung bahwa Natuna memiliki sumber daya alam yang berharga, yang dapat mendukung sektor pariwisata, perdagangan dan investasi. Saya bangga jadi Dubes AS yang pertama dapat menyelam di Natuna,” ungkapnya.

Pada acara ramah tamah dengan Pemerintah Kabutaten Natuna di Gedung Sri Srindit Ranai, Rabu (7/8) malam, Donovan hanya menyinggung hal-hal yang berkenaan dengan laut dan keramahtamahan pemerintah serta orang-orang Natuna.

”Atas nama Dubes AS di Jakarta dan Konsulat Jenderal Amerika di Medan, saya ucapkan senang dan bangga untuk Anda,” kata Donovan mengawali pidatonya.

Ia kemudian bercerita bahwa dirinya pernah ke Provinsi Kepri pada Juli lalu untuk menghadiri perayaan Kemerdekaan AS. Kegiatan ini bertemakan ‘Kemitraan Melintasi Samudera’.

Pada saat itu, ia juga mengaku diundang untuk mengunjungi Natuna guna melihat sumber daya alam dan potensi investasi yang ada di Natuna.

”Mungkin ini kunjungan pertama pemerintah AS dalam 20 tahun terakhir dan mungkin pertama kali Dubes AS berkunjung ke Natuna. Kami berharap tema pertemuan ini sama dengan tema perayaan hari Kemerdekaan USA lalu,” ujarnya.

Dengan alasan ia berada di Natuna, Donovan mengakhiri pidatonya dengan pantun.

”Ikan berenang menari-nari, menari di laut nan kaya raya. Hati kami senang berada di sini, di pulau yang indah alamnya dan penuh ragam budaya. Terima kasih,” pungkasnya.

Selain menyelam dan berpidato tentang laut, ia juga menonton film laut ‘A Plastic Osean’, kemudian meninjau Kampung Penagi yang ada di atas laut dan menginap selama dua hari di Hotel Alifstone yang juga berada di atas laut.

Bupati Natuna, Hamid Rizal mengapresiasi kedatangan Dubes Donovan. Ia berharap Natuna dapat perhatian lebih dari pemerintah pusat sehingga peluang investasi semakin terbuka.

”Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Natuna mengucapkan selamat datang kepada Mr. Joseph R Donovan dan rombongan. Kedatangan Anda adalah berkah bagi kami,” ucapnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here