Pelaksanaan APBD 2017, Biar Warga yang Menilai

0
38
Wakil Ketua DPRD Trijono memimpin paripurna dihadiri Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam, kemarin. f-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam menyampaikan Ranperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Bintan tahun anggaran 2017 kepada DPRD Bintan, Rabu (11/7) siang kemarin. Sejumlah fraksi memberikan kritik dan saran. Sebagian lagi memberikan aplaus. Biar warga yang menilai.

Dalam paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Trijono tersebut, juru bicara fraksi Partai Golkar Hasriawady menyampaikan, berdasarkan Ranperda tersebut, kinerja dari beberapa OPD perlu dievaluasi. Seperti Dinas Kesehatan, perlu ada koreksi dalam penambahan kuota BPJS bagi masyarakat Bintan. Sebab, ditemukan masih banyak masyarakat Bintan yang kesulitan mendapatkan akses kesehatan terutama masyarakat tidak mampu.

Kemudian, lanjut Hasriawadi, Dinas PUPR perlu mengevaluasi berkaitan dengan beberapa program pembangunan fisik. Seperti pembangunan masjid di Toapaya, GCC di Bintan Timur, dinilai kurang bermanfaat. Pada Dinas Pendidikan, perlu membenahi masalah transportasi bagi para pelajar. Seringnya kecelakaan transportasi gratis yang diberikan pemerintah, harus mendapatkan perhatian serius.

Juru bicara Fraksi Demokrat Azman justru mengharapkan peningkatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur. Karena, ini sudah menjadi komitmen bersama dalam pelaksanaannya. Selama ini, sudah berjalan maksimal. Seperti pembangunan jalan, jembatan serta infrastruktur lainnya, yang berpengaruh terhadap peningkatan pembangunan ekonomi warga. Begitu juga fasilitas publik yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat.

”Hendaknya bisa ditingkatkan lagi, dan kami harapkan agar tata ruang pembangunan kabupaten Bintan dapat mengarah terhadap pengembangan sektor ekonomi secara merata di wilayah kabupaten Bintan,” jelasnya sambil memberikan apresiasi pencapaian pembangunan selama ini.

Tidak hanya soal pembangunan fisik, peningkatan program-program lainnya seperti peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Fraksi Demokrat menilai sudah berjalan baik. Bahkan kesehatan dan pendidikan gratis Bintan, menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya.

”Sudah banyak perubahan dan realisasi pembangunan. Perlu kita dukung,” tambahnya.

Realisasi APBD tahun anggaran 2017 Bintan terdiri dari pendapatan sebesar Rp 1,059 triliun. Belanja daerah sebesar Rp 1,020 triliun, dan sisa sebesar Rp 39 miliar lebih. Setelah perubahan, surplus menjadi Rp 136 miliar lebih.

”Untuk realisasi pembangunan di kepemimpinan Apri-Dalmasri, biar masyarakat yang menilainya,” kata H Dalmasri Syam, Wakil Bupati Bintan. (aan/fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here