Pelaku Hoak di Batam Soal Palu Diamankan

0
47
Polda Kepri mengamankan pelaku hoak di Batam. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Musibah gempa dan tsunami di Palu, tidak disikapi semua masyarakat untuk menunjukkan simpati bagi penderitaan masyarakat. Salah satunya tindakan yang dilakukan warga Tiban, Sekupang, Batam berinisial JA. Dia menyebarkan berita hoak, hingga Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Kepri mengamankan pelaku.

Dirkimsus Polda Kepri Kombes Pol Rustam Mansur, Rabu (3/10) mengatakan, mereka mengamankan JA, bekerjasama dengan Bareskrim Mabes Polri. JA diamankan, Selasa (3/10) malam, karena menyebarkan berita bohong (hoak). Penyebaran berita hoak dilakukan melalui media sosial terkait bencana di Palu dan Donggala.

Foto itu diposting diakun facebooknya, 30 September 2018. Postingannya berisi gambar seseorang yang mati tenggelam di sungai dan diberi caption, “mayat (Lili Ali) yang minta gempa kemarin”. JA menggunakan modus, dengan mengumpulkan berbagai foto kejadian di tempat lain. Kemudian menambah tulisan difoto seolah-olah kejadiannya di Palu pada hal bohong.

Modusnya dia memposting foto orang lalu di share foto yang sama tapi tidak sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. ”Seperti dia menposting foto penemuan mayat, padahal kejadiannya di daerah lain tapi dia tulis inilah korban gempa di Palu atas nama AA,” sambungnya.

Dari pengakuan tersangka memposting gambar yang disebar tersebut di save dari akun orang lain kemudian diposting kembali dengan gambar yang sama dengan diberi caption di atas. Barang bukti yang diamankan, satu ponsel smartphone Oppo a71. Dua sim card. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here