Pelaku UKM Belajar Standar Pasar

0
651
PELATIHAN: Narasumber pelatihan UKM sedang memberikan penjelasan kepada perwakilan UKM yang ikut pelatihan. F-TENGKU IRWANSYAH/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Untuk meningkatkan kemajuan usaha masyarakat yang menekuni Usaha Kecil Menengah (UKM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, melalui Dinas Tenaga Kerja Koperasi UKM dan Perindustrian menggelar pelatihan bagi pelaku UKM di Lingga.

Kali ini, Dinas Koperasi dan Perindustrian memberikan pelatihan tentang proses proses, pembuatan kemasan dan pemasaran yang memenuhi standar pasar. Sekretaris DTKUKMP Lingga Kisan Jaya mengatakan, pelatihan yang digelar dinasnya sangat bermanfaat bagi pelaku UKM.

”Untuk pelaku UKM pelatihan ini sangat penting dalam meningkatkan produksi mereka serta bagaimana merancang kemasan yang menarik serta pemasarannya,” ujar Kisan Jaya, kemarin. Dengan proses produksi yang baik, serta kemasan yang menarik dapat memudahkan pemasaran produk yang dijual. Berdasarkan data yang ada, di Lingga tercatat sebanyak 3.461 pelaku UKM yang tersebar di beberapa pulau.

Baca Juga :  Lahan Tandus Banyak Hasilnya

Menurutnya, jika diberdayakan dengan baik bukan tidak mungkin bisa menjadi kekuatan ekonomi bagi Lingga. Selama ini, banyak pelaku UKM yang tidak mengetahui cara menghasilkan produk yang digemari pasar. Selain itu, produk yang dibuat tanpa dikemas dengan kemasan menarik sehingga minat pembelinya minim.

”Padahal dari segi rasa dan kualitas, tidak kalah dengan produk serupa dari daerah lain sehingga dapat bersaing di pasaran,” kata Kisan. Agar produksi dari UKM dapat berdaya saing, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang dapat memenuhi keinginan pembeli dengan tidak merubah cita rasa asli. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here